Ketua SEC Dorong Pertumbuhan Industri Crypto

Naufal Muhammad

16th July, 2022

Gary Gensler, Ketua Securities and Exchange Commission, lembaga pengawas sistem keuangan di Amerika, telah membuat pernyataan baru. 

Terlihat bahwa pernyataan ini adalah dukungan dan tanda utama adanya kemungkinan perubahan regulasi di Amerika untuk mulai mendukung pertumbuhan crypto. 

Ketua SEC Dukung Pertumbuhan Crypto 

Ketua SEC, Gary Gensler, menyatakan dalam sebuah wawancara dengan Yahoo Finance pada 15 Juli 2022, bahwa SEC mempertimbangkan untuk mengubah pandangannya terkait crypto. 

Dalam wawancara tersebut Gensler membuat pernyataan bahwa nantinya SEC akan mencoba memberi keringanan kepada beberapa perusahaan crypto sehingga beberapa sifat produknya yang mirip saham, tidak akan diregulasi sebagai saham. 

Jadi nantinya SEC akan memberi kelonggaran kepada perusahaan crypto dalam rangka mendorong pertumbuhan inovasi ini di Amerika. 

Selain itu, harapan Gary Gensler adalah dengan adanya keringanan dan kelonggaran ini, perusahaan yang bergerak di dunia crypto, terutama yang menerbitkan crypto sendiri, akan lebih patuh terhadap regulasi. 

Ketua SEC Dorong Pertumbuhan Industri Crypto
Wawancara Gary Gensler, Ketua SEC

Pernyataan ini diberikan dengan alasan bahwa menurutnya saat ini banyak perusahaan crypto yang bergerak di luar kepatuhan terhadap hukum regulasi yang ada di Amerika. 

Sayangnya Gensler tidak memberikan nama spesifik terkait perusahaan yang dimaksud walau banyak yang menyatakan secara implisit bahwa salah satunya adalah Ripple yang sedang berkasus dengan SEC hingga saat ini. 

Gensler kembali menegaskan bahwa pernyataan yang disampaikan dalam wawancara tersebut adalah pernyataan positif dalam rangka merangkul industri crypto agar dapat tumbuh positif di Amerika. 

“Ada potensi yang besar kedepannya. Saya sudah menyatakan kepada pelaku pasar, kepada platform-platform pinjaman, dan platform-platform perdagangan crypto untuk datang dan berbincang dengan kami (SEC).” Ujar Gensler

Ia menyatakan pernyataan tersebut dalam rangka meminta kepatuhan dari para pemilik proyek dan perusahaan crypto serta berdiskusi untuk mencari kerangka terbaik dalam meregulasi crypto di Amerika. 

Terlihat bahwa untuk saat ini ajakan tersebut masih ada, karena SEC kemungkinan besar akan meluncurkan kerangka regulasi baru untuk mendorong pertumbuhan crypto di Amerika. 

Baca juga: Ketua SEC Anggap Bitcoin Komoditas! Kasus BNB dan XRP Selesai?

Kabar baiknya beberapa pelaku pasar telah setuju dan menerima tawaran untuk berdiskusi sehingga dapat menyusun regulasi yang lebih baik. 

Tapi kabar buruknya tawaran ini terlihat tidak akan bertahan lama, dan kedepannya Gensler berencana untuk mengambil langkah lebih agresif dengan memaksa secara legal agar pelaku pasar dapat lebih patuh dan membantu pemerintah saat beroperasi terkait crypto. 

Regulasi Diprediksi Meluncur Tahun Ini

Hingga saat ini, pembahasan mengenai regulasi crypto adalah salah satu pembahasan yang masih terus berlanjut di antara pejabat pemerintah Amerika.

Pembahasan ini menjadi lebih penting mengingat banyaknya kasus yang terjadi seperti kasus Celsius dan Three Arrows Capital yang dimana keduanya mengingatkan urgensi pentingnya peran pengawasan yang ketat. 

Para regulator di seluruh dunia terlihat setuju dengan urgensi ini mengingat adopsi crypto yang semakin luas dan dampaknya yang dapat menjadi semakin besar, bahkan kepada stabilitas ekonomi global. 

Sayangnya, salah satu negara pemimpin di dunia terkait sistem keuangan, yaitu Amerika, masih kesulitan untuk menemukan regulasi yang tepat untuk crypto. 

Kondisi tersebut membuat adanya efek domino dimana banyak negara yang terikat dengan Amerika juga kesulitan untuk membuat regulasi karena belum mendapat contoh yang baik. 

Tapi menurut wawancara yang telah dilaksanakan dengan Gary Gensler, terdapat indikasi bahwa regulasi untuk crypto akan segera meluncur, bahkan diprediksi akan meluncur tahun 2022 ini. 

Kemungkinan waktu peluncuran regulasi ini juga terlihat dari Pemerintah Amerika yang mulai kerja sama dengan beberapa negara lain untuk membantu stabilitas sistem keuangan dan ekonomi global. 

Salah satu yang muncul adalah Inggris dimana dilaporkan bahwa pemerintah Inggris dan Amerika akan kerja sama untuk membuat regulasi ketat yang dapat dicontoh oleh beberapa negara lain. 

Untuk saat ini Kementerian Keuangan Amerika sedang melaksanakan ulasan lebih dalam terkait kerangka regulasi yang cocok untuk kondisi saat ini. Proses ini menandakan bahwa rencana peluncuran regulasi di 2022 menjadi semakin serius. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.