Ketua SEC Anggap Bitcoin Komoditas! Kasus BNB dan XRP Selesai?

Naufal Muhammad

28th June, 2022

Gary Gensler, Ketua dari Securities and Exchange Commission atau SEC, lembaga pengawas keuangan di Amerika, baru saja membuat pernyataan baru. 

Pernyataan yang diberikan adalah pengakuan bahwa Bitcoin dianggap sebagai komoditas olehnya, yang dapat membuat perubahan pandangan SEC terhadap crypto. 

Ketua SEC Anggap Bitcoin Sebagai Komoditas 

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Gary Gensler menyatakan pandangannya mengenai kondisi crypto saat ini. 

Wawancara ini awalnya dibentuk untuk mendapatkan pandangan SEC mengenai potensi regulasi baru yang akan diterapkan untuk crypto agar pertumbuhannya dapat terus terjadi di Amerika. 

Ketua SEC Anggap Bitcoin Komoditas! Kasus BNB dan XRP Selesai?
Wawancara Gary Gensler di CNBC

Gensler menyatakan beberapa pendapatnya yang juga menjadi acuan sudut pandang SEC terhadap crypto. 

Satu poin yang paling diingat oleh para pendengar dan berhasil membuat ramai dunia crypto adalah pernyataannya terkait Bitcoin.

Ia menyatakan bahwa saat ini banyak crypto yang bergerak layaknya saham, tapi Bitcoin adalah satu crypto yang ia katakan sebagai komoditas dan jelas bukan saham. 

“Beberapa (crypto), seperti Bitcoin telah kami (SEC) dan beberapa pihak lain anggap sebagai komoditas. Saya hanya akan menyatakan satu crypto itu saja karena saya tidak mau membahas crypto lainnya.” Ujar Gensler. 

Pernyataan ini membuat banyak spekulasi terutama spekulasi akan adanya sentimen positif yang datang dari regulasi crypto baru di Amerika. 

Selain itu, pertanyaan ini juga membuat adanya spekulasi mengenai persetujuan ETF Bitcoin Spot pertama yang diajukan oleh Grayscale dan akan diberi keputusan oleh SEC pada 6 Juli 2022.  

Terakhir spekulasi juga beredar terkait adanya crypto lain yang akan aman dan masuk ke kategori komoditas seperti Bitcoin. 

Hal ini disebabkan dalam wawancara di CNBC, Gensler menyatakan bahwa ada beberapa crypto, sebelum ia mengucapkan Bitcoin. Jadi saat ini kondisi pasar masih dipenuhi spekulasi terkait apa langkah SEC berikutnya terkait regulasi crypto di Amerika.  

Banyak juga investor yang bingung mengapa Ethereum tidak disebutkan, walau banyak pemerintah yang setuju bahwa Ethereum adalah komoditas, contohnya CTFC yaitu lembaga yang bergerak seperti Bappebti namun di Amerika. 

Tapi intinya tokoh-tokoh besar yang dapat dikatakan sebagai pendukung besar Bitcoin, menyambut pernyataan Gensler dengan bahagia. 

Contohnya adalah Michael Saylor, CEO dari Microstrategy, perusahaan keuangan dengan kepemilikan Bitcoin terbanyak di dunia. 

Ia menjelaskan kenapa sangat logis untuk pemerintah dan tokoh politik mendukung Bitcoin sehingga adopsinya akan semakin luas. 

Kasus BNB dan XRP Masih Belum Jelas

Sayangnya walau dianggap sebagai sentimen positif terhadap Bitcoin, harga mayoritas crypto, termasuk Bitcoin terlihat masih bergerak turun. 

Kemungkinan besar pergerakan koreksi ini terjadi akibat normalisasi dari apresiasi harga yang sudah terjadi beberapa hari terakhir. 

Selain itu, kemungkinan besar pergerakan ini terjadi akibat adanya beberapa kerancuan atau ketidakpastian yang masih beredar di pasar terkait pandangan SEC kepada crypto. 

Kerancuan ini adalah terkait apakah SEC masih akan terus menuntut proyek-proyek crypto lain terkait legalitasnya, atau apakah akan berhenti karena sudah adanya pernyataan oleh Gary Gensler ini. 

Untuk saat ini, seperti yang mayoritas investor ketahui, SEC sedang menuntut Ripple (XRP) akibat dasar perdagangan koinnya yang dianggap perdagangan saham ilegal. 

Selain itu, SEC juga sedang dalam proses penyelidikan kepada Binance Coin (BNB) terkait statusnya yang dapat dianggap sebagai saham atau tidak. 

Dengan pernyataan baru dari Gensler terkait adanya beberapa crypto yang bisa dianggap sebagai komoditas menurutnya dan anggota SEC serta beberapa pejabat pemerintah, maka kasus tuntutan tersebut dapat selesai.  

Dapat dilihat dari pernyataannya bahwa beberapa individu yang ia sebut yaitu pejabat di SEC juga pernah menyatakan bahwa Ethereum adalah komoditas dan bukan saham. 

Jika dilihat dari beberapa sudut pandang dapat dikatakan bahwa XRP dan BNB bersifat relatif sama dengan Ethereum (ETH). 

Jadi dengan pernyataan baru dari Gensler, serta pola pikir kesamaan ini, ada kemungkinan kasus tuntutan SEC akan berhenti kepada XRP dan BNB. 

Tapi untuk saat ini masih belum ada kelanjutan dan kemungkinan kejelasan baru akan muncul jika sudah ada regulasi baru dari SEC yang sayangnya belum memiliki tanggal pasti. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.