Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Karena Mereka, DOGE Terbang Ke Peringkat 8 Kapitalisasi Pasar

Naufal Muhammad     Friday, April 16 2021

Dogecoin (DOGE) baru mengalami apresiasi beberapa hari terakhir, membawanya ke harga tertinggi baru di sekitar $0,297 atau Rp4.337.

Apresiasi ini membawanya naik dalam kapitalisasi pasar dan masuk ke peringkat 10 terbesar kapitalisasi pasar crypto.

Diprediksi bahwa apresiasi ini terjadi akibat beberapa tokoh terkenal yang mulai “mempromosikan” DOGE kembali secara tidak langsung.

DOGE Terbang Ke 10 Besar Kapitalisasi Pasar

Mata uang crypto yang terkenal terikat dengan Elon Musk ini, mengalami apresiasi yang signifikan dan membawanya naik dalam kapitalisasi pasar.

DOGE telah berhasil menduduki peringkat ke delapan dalam kapitalisasi pasar setelah kapitalisasinya mencapai $30,35 Miliar atau Rp443,22 Triliun.

Akibat apresiasi harganya yang mencapai lebih dari 130% dalam hanya empat hari, DOGE berhasil melewati Litecoin (LTC) dan Uniswap (UNI) dalam kapitalisasi pasar.

Dikabarkan bahwa terdapat beberapa sentimen positif yang berhasil mengangkat DOGE untuk naik secara signifikan.

Baca juga: Inovasi Bursa FTX, Beli Saham Tesla dengan Dogecoin

Mayoritas sentimen tersebut berasal dari beberapa tokoh terkenal yang masih terus “mempromosikan” DOGE.

Namun, di luar tokoh terkenal, terdapat salah satu sentimen positif yang datang akibat adopsi DOGE.

Adopsi tersebut datang dari Acker, perusahaan Anggur Merah (Wine) tertua di Amerika.

Acker resmi mengadopsi DOGE sebagai alat tukar untuk membeli seluruh produk di tokonya, yang membuat sentimen positif baru untuk Dogecoin.

Tapi nampaknya dorongan signifikan terlihat datang dari beberapa tokoh terkenal yang mendorong harganya naik.

Apresiasi Terjadi Akibat Tokoh Terkenal

Satu pihak yang bertanggung jawab terhadap dorongan positif terhadap Dogecoin adalah Snoop Dogg.

Musisi terkenal dari Amerika ini telah lama mendukung DOGE, namun terdapat kabar terbaru dari cuitannya di Twitter.

Ia menyatakan bahwa ia akan menerbitkan NFT yang terinspirasi dari DOGE, dan nampaknya pasar menganggapnya sebagai sentimen positif untuk DOGE.

Pihak kedua yang bertanggung jawab terhadap dorongan positif adalah Guy Fieri, salah satu juru masak atau chef terkenal di Amerika.

Ia menyatakan dukungannya terhadap Dogecoin di Twitter beberapa hari yang lalu, dimana setelah cuitannya dipublikasi, harga DOGE naik cukup signifikan.

Melihat kedudukannya yang cukup terkenal tidak hanya di dunia kuliner namun di dunia hiburan, pernyataan Guy Fieri nampaknya memiliki dorongan positif.

Dorongan Lebih Signifikan

Namun, dorongan positif yang lebih kuat nampaknya berasal dari Mark Cuban, yang menyatakan bahwa ia tidak akan menjual kepemilikan DOGE-nya sama sekali.

Pemilik dari tim basket Dallas Mavericks dan Miliuner terkenal ini, dikabarkan memiliki pandangan positif terhadap DOGE.

Sebelumnya, ia meresmikan bahwa DOGE dapat digunakan untuk alat tukar pembelian barang-barang aksesoris yang terikat dengan Dallas Mavericks.

Ia juga memprediksi bahwa Dogecoin dapat mencapai $1 jika Dallas Mavericks berhasil menjual merchandise dengan nilai 6.556.000.000 Dogecoin.

Baca juga: Tim Basket Mark Cuban Mengadopsi DOGE, Menurutnya Bisa Mencapai $1

Akibatnya mayoritas pelaku pasar crypto menganggap bahwa Cuban merupakan salah satu pendukung dari fenomena Dogecoin ini.

Tapi, dorongan terkuat nampaknya datang dari Elon Musk, CEO dari Tesla dan SpaceX, yang baru saja membuat cuitan baru mengenai Dogecoin.

Elon Musk tergolong memiliki ikatan yang kuat dengan DOGE akibat selama ini saat Musk membuat cuitan mengenai DOGE, harganya relatif naik.

Saat ini hal yang sama telah terjadi yang membuat harganya naik cukup signifikan, walau umumnya cuitannya tentang DOGE bersifat seperti lelucon.

Sentimen lain datang dari WallStreetBets, komunitas yang umumnya mendorong harga suatu aset untuk naik, yang telah diresmikan oleh Reddit untuk memiliki kolom diskusi tentang crypto.

DOGE Mulai Ragu-ragu

Saat ini harga dari Dogecoin terlihat mulai ragu-ragu akibat telah bergerak cukup volatile dalam empat jam terakhir.

Saat ini, telah terjadi wick yang cukup panjang pada grafik 4 Jam terbaru yang menandakan adanya ketidakpastian yang cukup besar.

Trading Bitcoin Daftar di FTX
Kemungkinan besar, melihat apresiasinya yang sudah cukup tinggi, dan belum adanya sentimen positif baru lainnya, DOGE akan mulai bergerak turun.

Grafik 4 Jam DOGEUSD

Koreksi kemungkinan besar akan menuju batas bawah pada sekitar $0,24 atau Rp3.500 hingga $0,18 atau Rp3.100 sebelum dapat bergerak naik kembali jika terdapat sentimen positif.

Melihat DOGE yang umumnya naik saat ada sentimen positif, kondisi yang tenang di sekitar DOGE setelah koreksi nampaknya dapat memperkecil potensi apresiasi.

Namun, jika terus naik, dalam jangka panjang target berikutnya berada di $0,48 atau Rp7.000 yang berada di daerah 161,8% Fibonacci Extension.

Tapi perlu diingat kembali, DOGE merupakan sebuah crypto yang sangat volatil, sehingga perlu manajemen risiko yang sangat baik sebelum membeli.

Disclaimer

Perdagangan Digital Asset (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi, ketahui dan kelola risiko Anda dalam melakukan perdagangan Digital Asset. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.