Kapitalisasi Pasar Terra Lampaui Cardano dan AVAX

Rossetti Syarief

21st April, 2022

Selama beberapa bulan terakhir, Terra (LUNA) melihat kapitalisasi pasar yang tumbuh dengan baik, bahkan menjadi salah satu yang terbesar dalam market.

Menurut coinmarketcap, Terra berhasil menggeser posisi Cardano dan juga Avalanche dengan menempati posisi ke-8 papan cryptocurrency berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

Menurut data yang tersedia, kapitalisasi pasar Terra saat ini mencapai $33,5 miliar setelah harga LUNA naik hampir 12% selama tujuh hari terakhir.

Sementara Cardano berada di peringkat ke-9 dengan mencatat $32 miliar, diikuti Avalanche yang memiliki kapitalisasi pasar $21,35 miliar dengan menduduki tahta ke-10.

Terra Memimpin dari Harga dan Kapitalisasi Pasar

Selain unggul dalam kapitalisasi pasar, Terra juga mencatat persentase peningkatan yang paling besar selama 24 jam terakhir ini jika dibandingkan Cardano dan Avalanche.

LUNA mencatat kenaikan 6%, sementara ADA dan AVAX masing-masing 2,67% dan 3% pada periode yang sama.

Perbandingan Harga LUNA, ADA, AVAX. Sumber: CryptoCompare

Sementara pada saat penulisan, LUNA diperdagangkan di $93,73, yang menunjukan penurunan dari level tertinggi sepanjang masa di rentan $120. 

Meski begitu, harga LUNA telah berperforma cukup baik tahun ini karena dorongan stablecoin andalannya UST yang telah telah mencatat perkembangan adopsi yang cukup baik pula. 

Selain itu, ekosistem DeFi dalam Terra yang didominasi oleh Anchor ($ANC) juga meraup popularitasan tinggi. Protokol tersebut memungkinkan pengguna memperoleh bunga hampir 20% per tahun pada deposito di UST. Suku bunga setinggi itu hampir tidak mungkin dicapai pada bank biasa saat ini.

Pendiri Terra menggambarkan keuntungan itu sebagai cerminan dari tingkat pengembalian yang dapat ditawarkan DeFi kepada investor.

Sementara itu, Luna Foundation Guard (LFG) selaku organisasi nirlaba yang diberi mandat untuk membangun cadangan dalam stablecoin Terra, baru-baru dikabarkan kembali menyerok hampir 40.000 BTC sebagai cadangan asetnya.

Baca Juga: Terraform Labs Serok 10 Miliar Dollar dalam Bitcoin untuk Cadangan

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.