Do Kwon Diserang! Terra (LUNA) Dianggap Tidak Decentralized!

Rossetti Syarief

11th April, 2022

Aset crypto peringkat kesembilan papan cryptocurrency, LUNA, telah mendapat kecaman akhir pekan ini karena dua analis yang berbasis di Twitter menganggap Terra tidak terdesentralisasi.

Terra Dianggap Tidak Decentralized

Permasalahan Terra dimulai ketika akun @DeFi_Made_Here menulis utasan di Twitter yang sekilas seperti menggiring opini pengikutnya. 

Ia mengupload cover utasan dengan gambar Terra seperti memasukkan kabel ekstensi ke dirinya sendiri dan berharap mendapatkan daya.

Di utasan selanjut sang analis menulis, “apakah Luna benar-benar terdesentralisasi dan apakah terlalu bergantung pada Anchor Protocol?

Karena itu, banyak orang memperdebatkan bagaimana UST adalah stablecoin algoritmik tanpa jaminan, mereka juga mempertanyakan apakah membakar LUNA untuk memastikan pasak itu berkelanjutan?

Mereka mengidentifikasi bahwa tidak ada aset berwujud yang tidak mendukung LUNA. 

Tampaknya pernyataan tersebut menarik perhatian Jack Niewold, trader dan analis crypto lain yang juga berbasis di Twitter.

Dengan jangkauan yang lebih luas dari @DeFi_Made_Here, sang analis membuat utasnya sendiri yang berjudul “The LUNA exposé thread”.

Utasan tersebut menyoroti bagaimana orang-orang mempercayai pencetakan UST menyebabkan LUNA yang dulu dibakar digunakan untuk mendanai pembelian Bitcoin LFG. 

Sang analis menuduh Do Kwon yang justru menerima semua aset yang “dibakar” tersebut ke wallet pribadinya alih-alih mengirimkannya ke alamat pembakaran yang tepat. 

Niewold juga menuduh Terra mencetak $1 miliar token secara tiba-tiba, tidak mampu membantah argumennya, memegang lebih banyak LUNA daripada yang beredar dan kurang integritas.

Dan jika tuduhan ini terbukti kebenarannya, ekosistem Terra sepertinya akan ditinggalkan investor dan kekuatannya melemah. Namun sampai saat ini, Do Kwon sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi meski investor meyakini ia mengetahui permasalahan ini.

Baca Juga: Terra Kumpulkan 1 Miliar Dollar untuk Cadangan Bitcoin Darurat

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.