Join Tren! YouTube akan Hadirkan Fitur NFT untuk Kreator

Rossetti Syarief

26th January, 2022

Menurut surat yang dinyatakan oleh CEO YouTube pada Selasa (25/1), 2022 akan menjadi tahun penuh inovasi bagi platform yang mulai menjajaki ranah cryptocurrency.

Pernyataan tersebut menggarisbawahi pertimbangan YouTube yang akan menghadirkan fitur NFT untuk kreator dalam waktu dekat.

“Kami selalu fokus pada perluasan ekosistem YouTube untuk membantu pembuat konten memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang, termasuk hal-hal seperti NFT, sambil terus memperkuat dan meningkatkan pengalaman yang dimiliki pembuat konten dan penggemar di YouTube,” ungkap Chief Executive Officer Susan Wojcicki.

Wojcicki juga menyebutkan bahwa YouTube akan memprioritaskan game, konten berbelanja, serta musik yang telah menghasilkan lebih dari 5 triliun penayangan video sejak debutnya pada akhir tahun 2020.

YouTube, NFT, dan Cryptocurrency

Surat yang dinyatakan sang CEO menandai pertama kalinya pemilik YouTube, Google Alphabet Inc., mengumumkan integrasi mereka bersama koleksi cryptocurrency. 

Beberapa pesaing platform YouTube yang utama, seperti Twitter dan Instagram, sebelumnya telah ikut-ikutan menyelam di ranah NFT. 

Awal pekan ini, Twitter Inc. telah resmi mengintegrasikan NFT dengan membiarkan pengguna mempostingnya sebagai gambar profil. Sementara menurut Financial Times, Instagram dilaporkan sedang mengerjakan penawaran serupa.

Baca Juga: Sederet Raksasa Media Sosial Ikut Hype NFT!

Sementara itu, dalam sudut pandang ekonomi beberapa YouTuber terpantau telah membangun karir yang aktif dan menguntungkan ketika memposting video tentang cryptocurrency dan teknologi blockchain di platform. 

Dengan pasar video yang begitu besar, YouTube telah bekerja selama beberapa tahun untuk membantu pembuat video mendapatkan uang untuk konten mereka selain iklan, seperti konten khusus berbayar dan e-niaga.

Para pendukung Web3 kemudian memberi dukungan yang besar pada keputusan YouTube dan percaya bahwa proyek berdasarkan blockchain dan NFT dapat memberikan alternatif yang lebih baik bagi konten kreator. 

Terlepas dari keyakinan ini, pasar cryptocurrency tetap baru lahir dan bergejolak, dengan Bitcoin turun hingga kira-kira setengah nilainya sejak puncak November baru-baru ini.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.