YouTuber Jake Paul Jadi Tersangka Penipuan Crypto Senilai 2,2 Juta Dollar

Rossetti Syarief

9th March, 2022

Jake Paul sudah menjadi fokus beberapa penyelidikan serius berkat gugatan class action SafeMoon. 

Selain sang YouTuber, beberapa nama selebriti seperti Backstreet Boy Nick Carter, dan rapper Soulja Boy, dan Lil Yachty juga ikut terseret karena diduga membuat pernyataan palsu atau menyesatkan kepada calon investor SafeMoon.

YouTuber Jake Paul Jadi Tersangka Penipuan Crypto

Dengan kasus hukum yang sedang berjalan melalui pengadilan, Coffeezilla selaku detektif internet mengamati lebih dekat beberapa proyek dan promosi crypto yang diusung Jake Paul lainnya. 

Proyek-proyek di bawah pengawasan termasuk Sacred Devils, Yummy, Milf, dan STICKDIX yang merupakan sebuah proyek NFT yang berfokus pada falus yang didirikan oleh Paul sendiri dan dipromosikan oleh bintang porno dan scammer NFT Lana Rhoades.

Penyelidikan pertama Coffeezilla menyoroti karakter Jake Paul yang menurutnya sulit di tebak.

Di satu sisi, semua yang ada di blockchain dapat dilacak dan tersedia untuk umum, yang merupakan hal yang baik. Namun di sisi lain, sangat mudah untuk mengatur identitas crypto anonim kapan pun seseorang ingin melakukan sesuatu yang cerdik.”

Seperti yang ditunjukkan oleh Coffeezilla, ini menandakan bahwa influencer yang sangat cerdas dapat melakukan hal-hal buruk tanpa meninggalkan jejak, sementara influencer yang bodoh meninggalkan petunjuk di mana-mana.

Jadi di mana Jake Paul jatuh pada spektrum pintar hingga bodoh?

“Dia tidak sebodoh yang kalian kira, tapi dia tidak secerdas yang dia kira,” kata Coffeezilla.

Proyek Buatan Paul yang Diduga Scam

Proyek crypto pertama yang dihubungkan Coffeezilla dengan Paul adalah League of Sacred Devils, sebuah proyek NFT yang terkait dengan jaringan penipuan di balik Faceless dan banyak proyek rug pull lainnya.

Untuk perannya dalam mempromosikan League of Sacred Devils, Paul menerima komisi yang cukup besar yaitu 39,9 ETH.

Selanjutnya ada STICKDIX, yang merupakan proyek NFT lainnya yang juga dipimpin oleh Paul yang menjaring influencer lebih dari $1,5 juta. Paul gagal memenuhi perjanjian roadmap untuk proyek tersebut dan investor kehilangan uang mereka ketika dia memilih meninggalkan proyek.

SafeMoon menjadi kunci untuk menggali praktik buruk lebih lanjut dari Paul. Menggunakan block explorers dan analisi basic chain, Coffeezilla untuk pertama kalinya dapat menautkan pembayaran $190.000 dari SafeMoon ke wallet address yang dipegang oleh sang YouTuber. 

Address yang sama itu usut punya usut juga terkait dengan pembayaran dari token MILF dan Yummy.

Dalam setiap kasus, Paul membuat wallet baru untuk menerima tokennya, tetapi dia kemudian mentransfer token tersebut ke wallet yang sama untuk diuangkan. 

Coffeezilla mampu menunjukkan bahwa dalam setiap contoh pembayaran ke wallet crypto yang terhubung ke Paul bertepatan dengan posting promosi yang dirahasiakan olehnya. 

Secara total, Coffeezilla mencatat keuntungan yang Paul raih dari operasi penipuannya ini senilai 2,2 juta Dollar. Penyelidikan menunjukkan pola perilaku di mana kepribadian media senang memperkaya diri sendiri dari kemalangan orang lain.

Baca Juga: Penipuan Crypto Selalu Ada! Hindari Rug Pull Dengan Tips Ini

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.