Cara Mendapatkan Proyek NFT yang Bagus

Token Non-Fungible atau yang biasa dikenal NFT, berhasil mengambil perhatian dunia belakangan ini. Gambar-gambar seni grafis, meme, serta koleksi game tertentu dapat terjual dengan bandrol harga yang fantastis.

Namun, menemukan proyek NFT yang bagus dan menguntungkan sebenarnya bukan perkara mudah, karena ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Kebanyakan orang terutama yang masih pemula di sektor ini akan berinvestasi dalam NFT secara random atau hanya ikut-ikutan tren tanpa mempertimbangkan apapun.

Jika suka mereka beli, jika ada yang lucu mereka investasikan. Padahal bukan begitu konsepnya.

Investor berkemungkinan besar alami kerugian dan kehilangan uang mereka jika berinvestasi dalam NFT tanpa pertimbangan.

Lantas, poin apa saja sih yang perlu dipertimbangkan? Mari pelajari cara menemukan proyek NFT yang bagus dalam artikel ini.

Pastikan Proyek Memiliki Likuiditas

Jadi langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan proyek NFT tersebut cukup likuid, dalam artian memiliki peluang untuk dijual kembali di masa depan.

Tidak Disarankan Memilih Proyek NFT Secara Random

Hal itu dikarenakan, suatu brand atau creator yang kamu beli koleksi NFT-nya akan berpotensi meningkat di masa depan, atau bahkan diburu karena langka.

Dengan begitu, kemungkinan kamu akan mendapatkan pundi-pundi keuntungan di masa depan juga tinggi.

NFT yang akan kamu beli harus berasal dari suatu brand, perusahaan, atau creator.

Sebisa mungkin hindari membeli NFT secara random hanya karena koleksi tersebut terlihat lucu. Karena berinvestasi secara random tidak akan memberikanmu masa depan.

Perhatikan Tren Aktivitas

Setelah kamu memiliki proyek untuk dievaluasi, faktor yang perlu diperiksa selanjutnya adalah bagaimana aktivitas berubah dari waktu ke waktu.

Apakah jumlah pengguna dan volume perdagangan naik atau turun? Jika kamu merencanakan perdagangan jangka pendek, sebaiknya melihat proyek yang sedang naik daun saja. Karena itu lebih cepat mendapat untung.

Komunitas

Sangat penting untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa aktif dan terlibatnya anggota komunitas dengan proyek tersebut. Ikuti sosial media protek tersebut, seperti Twitter dan bergabunglah dengan grup Telegram.

Penting juga bagi kamu menelusuri beberapa percakapan. Apakah ada banyak orang yang mendiskusikan proyek ini?

Bagaimana review proyek ini? Ada perkembangan, kah? Ini adalah faktor subjektif dan relatif, sehingga akan lebih mudah untuk mengevaluasi setelah melihat beberapa proyek.

Lalu bagaimana jika NFT yang kamu incar adalah sebuah proyek baru dan belum ada mekanisme untuk memberikan utilitas?

Jawaban termudahnya adalah, akan jauh lebih sulit untuk mempertahankan komunitasnya. Selain itu membeli NFT dalam pra-penjualan atau proyek baru juga lebih berisiko.

Contoh Proyek NFT Sukses

Pernah mendengar Everydays The First 5000 Days? Itu adalah proyek NFT termahal dalam sejarah dari Beeple. Karya seni digital tersebut dijual seharga $69 Juta Dolar, memecahkan semua rekor dan menetapkan standar baru untuk NFT.

NFT Koleksi Everydays The First 5000 Days

Demikian pula, beberapa perusahaan teknologi dan kripto baru bermunculan, seperti Larva Labs dan Dapper Labs. Merekalah yang telah merilis proyek seperti Crypto Punks dan CryptoKitties yang merupakan proyek NFT lainnya terpanas saat ini.

Selama penghujung tahun, rata-rata karakter CryptoPunk akan dikenakan biaya tidak kurang dari $200.000 USD. Sementara untuk mendapatkannya, bisa terbilang cukup langka dan tentunya akan menghabiskan biaya jutaan dolar. 

Karena itu, ada banyak peluang sektor NFT di luar sana yang sayang untuk kamu lewati. Namun kembali ke permasalahan awal, kamu harus berinvestasi di NFT yang tepat dan tidak bisa begitu saja membeli NFT secara asal kemudian berharap menghasilkan banyak uang. 

Trik untuk menghasilkan uang di NFT bukanlah berinvestasi dalam Art, tetapi berinvestasi dalam tujuan dan cerita di balik Art itu sendiri.

Jadi, semua keputusan kembali padamu.

Top exchange
Pintu
17 Ulasan
Daftar
TRIV
22 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

22 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

17 Ulasan
Daftar