Berita Altcoins · 8 min read

Inflasi Amerika Tinggi, Ini Reaksi Harga Bitcoin dan Altcoin!

Harga BTC dan Altcoin

Amerika Serikat masih belum lepas dari bayang-bayang inflasi terlihat dari laporan data indeks CPI pada 13 Oktober 2022 pukul 19.30 WIB yang bertengger di angka 8,2%.

Tingkat inflasi tahunan memang mengalami penurunan daripada laporan bulan lalu sebesar 0,1% namun angka ini masih diatas prediksi yakni 8,1% sehingga tingkat inflasi masih dianggap tinggi.

Aset kontrak dan indeks tradisional seperti kontrak emas mengalami penurunan sebesar 2% ke $1644 per troy ons dan kontrak indeks saham Amerika S&P 500 juga mengalami penurunan sebesar 3,8% ke $3508 tepat setelah indeks CPI diumumkan.

Bagaimana dengan Bitcoin dan altcoin lainnya?

Baca juga: Amerika Inflasi 8,3%, Harga Bitcoin dan ETH Turun!

Harga Bitcoin

Laporan indeks CPI dengan angka yang di atas prediksi sudah pernah terjadi sebelumnya pada laporan Juli dan September 2022, dimana imbas dari laporan tersebut adalah penurunan harga Bitcoin dan hampir seluruh kripto.

Gambar: Tabel Laporan Indeks CPI

Pada laporan CPI bulan Oktober ini, tingkat inflasi aktual sebesar 8,2% dimana angka ini di atas prediksi 8,1%. Sesaat setelah laporan diterbitkan, harga Bitcoin mengalami penurunan sebesar 4,3% ke harga terendah $18.187 dalam 24 jam.

Gambar: Bitcoin mengalami penurunan 4,3% dalam satu candlestick

Indeks CPI membuat tingkat volatilitas Bitcoin menjadi tinggi. Setelah penurunan tajam tersebut, Bitcoin berhasil membalikkan harga hingga ke harga $19.800, yakni kenaikan 8,9% beberapa jam setelah laporan diterbitkan.

Harga Altcoin Lainnya

Ethereum sebagai altcoin dengan kapitalisasi pasar terbesar juga mengalami penurunan sebesar 7,7% ke harga terendah dalam 24 jam yakni $1.156 tepat setelah laporan diterbitkan.

Pergerakan dalam beberapa jam terakhir setelah penurunan menunjukan kenaikan harga 15% ke harga $1.330.

Pergerakan Harga Ethereum t
Gambar: Pergerakan Harga Ethereum tepat dan paska laporan indeks CPI

Untuk melihat harga altcoin secara keseluruhan, maka akan dilihat grafik pergerakan kapitalisasi pasar kripto diluar Bitcoin. Altcoin secara keseluruhan kehilangan valuasi sebesar $14 miliar atau sekitar Rp215,5 triliun hanya dalam hitungan menit tepat setelah laporan diterbitkan.

Beberapa jam setelah laporan, terlihat altcoin mengalami recovery dengan valuasi yang meningkat sebesar $35 miliar atau sekitar Rp538,8 triliun.

Penurunan dan Peningkatan Kapitalisasi Pasar Altcoin
Gambar: Penurunan dan Peningkatan Kapitalisasi Pasar Altcoin

Harga Bitcoin dan Kripto serempak mengalami penurunan tepat setelah laporan diterbitkan sebab tingkat angka inflasi di lapangan yakni 8,2% yang lebih tinggi dari prediksi 8,1% yang diasumsikan bahwa tingkat inflasi di Amerika Serikat masih tinggi.

Harga Bitcoin dan Kripto terlihat mengalami recovery beberapa jam setelah laporan indeks CPI dengan Bitcoin mengalami kenaikan 8,9%, Ethereum naik sebesar 15%, dan valuasi kripto selain Bitcoin (altcoin) yang meningkat sebesar $35 miliar.

Baca juga: Analisa Korelasi Harga Bitcoin dengan IHSG dan Indeks Saham Lain

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.