Berita Bitcoin · 5 min read

Identitas Satoshi Nakamoto Bakal Dibongkar di Dokumenter HBO

satoshi nakamoto

Identitas Satoshi Nakamoto, sosok misterius di balik penciptaan Bitcoin, masih menjadi teka-teki hingga saat ini. Namun, sebuah film dokumenter HBO yang akan datang mengklaim adanya petunjuk baru mengenai siapa sebenarnya Nakamoto.

Film dokumenter berjudul “Money Electric: The Bitcoin Mystery” bertujuan untuk mengupas tuntas perdebatan seputar pencipta Bitcoin dan dampak besar karyanya terhadap ekonomi global. Disutradarai oleh Cullen Hoback, yang juga terkenal melalui miniseri HBO “Q: Into the Storm”, dokumenter ini berjanji untuk menyajikan penyelidikan yang mendalam mengenai penciptaan Bitcoin, apakah Nakamoto bekerja sendiri atau dibantu oleh pihak lain. 

Trailer dokumenter yang dirilis baru-baru ini terutama menampilkan wawancara dengan Adam Back, seorang cypherpunk dan kriptografer asal Inggris, yang dikenal sebagai salah satu penerima surel pertama dari Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 silam. Meski Back sering kali disebut sebagai kandidat potensial untuk identitas Nakamoto, ia telah secara tegas membantah klaim tersebut. 

Hoback sendiri belum memberikan pernyataan pasti bahwa filmnya akan mengungkap identitas Nakamoto secara definitif. Sebaliknya, ia menggambarkan film ini sebagai “sebuah rollercoaster“.

Namun, sebuah laporan dari Politico menyebutkan bahwa film ini mungkin telah berhasil membongkar identitas Satoshi dan bahkan mengaitkannya dengan aktivitas kriminal.

Baca juga: FBI Enggan Konfirmasi Rekam Jejak Satoshi Nakamoto

Sosok Asli Nakamoto Masih Jadi Misteri

Topik mengenai siapa sosok asli di balik Nakamoto telah menjadi salah satu pembahasan yang paling sering dibicarakan terutama bagi para Bitconer. Selama lebih dari satu dekade, telah banyak kandidat yang telah dipertimbangkan sebagai Nakamoto, namun hinggi kini belum ada yang mampu memberikan bukti yang memadai.

Salah satu klaim yang paling terkenal dan kontroversial di antara penggemar Bitcoin adalah Craig Wright, seorang ilmuwan komputer yang konsisten menyatakan dirinya adalah Satoshi. Namun, ia telah mencabut pernyataan tersebut di bawah sumpah. Selain Wright dan Back, nama-nama lainnya yang sering disebut sebagai Nakamoto asli adalah Len Sassaman dan Hal Finney, namun keduanya telah meninggal dunia.

Alex Thorn, Head of Research di Galaxy, mengungkapkan bahwa jika film dokumenter HBO ini mengidentifikasi Len Sassaman sebagai Satoshi Nakamoto, hal tersebut dapat meredakan kekhawatiran pasar kripto.

Saassaman sendiri merupakan seorang kriptografer asal AS yang berkontribusi pada milis cypherpunk, di mana Satoshi pertama kali mengumumkan Bitcoin. Sassaman meninggal dunia pada tahun 2011.

“Money Electric: The Bitcoin Mystery” dijadwalkan akan tayang secara perdana pada 8 Oktober 2024 di HBO Max.

Baca juga: 7 Fakta Bitcoin dari Sudut Pandang Satoshi Nakamoto

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.