Berita Bitcoin · 5 min read

7 Fakta Bitcoin dari Sudut Pandang Satoshi Nakamoto

fakta bitcoin dari satoshi nakamoto

Baru-baru ini situs yang berisi kumpulan pertukaran email antara Martti Malmi (Sirius) dan Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin, dari tahun 2009 hingga 2011 dipublikasikan.

Martti Malmi memutuskan untuk membagikan email ini secara publik untuk persidangan penting di Inggris pada tahun 2024, di mana dia menjadi saksinya, dan untuk berkontribusi pada catatan sejarah asal usul Bitcoin. 

Dalam surel ini setidaknya ada tujuh hal yang bisa kamu ketahui tentang Bitcoin dari sudut pandang langsung penciptanya, Satoshi Nakamoto. Apa saja? Simak daftarnya di sini. 

Bitcoin Bukan Investasi

Dalam pertukaran email mereka, Malmi menekankan profitabilitas Bitcoin. Ia menulis, “Nilai Bitcoin kemungkinan akan meningkat karena pertumbuhan ekonomi bitcoin melebihi tingkat inflasi – pertimbangkan investasi Bitcoin dan mulailah menjalankan node hari ini.”

Padangan Malmi yang mempertimbangkan Bitcoin sebagai investasi pun direvisi oleh Nakamoto.

“Saya merasa tidak nyaman jika secara eksplisit mengatakan bahwa ini adalah investasi. Itu adalah hal yang berbahaya untuk dikatakan dan Anda harus menghapus poin-poin tersebut,” balas Nakamoto.

Baca juga: Harga Bitcoin ke US$57 Ribu, Level Tertinggi Sejak November 2021

Definisi Asli Bitcoin

Selama korespondensi email mereka, Nakamoto mendukung definisi Malmi tentang Bitcoin, sebagai jaringan peer-to-peer (P2P) yang memfasilitasi transfer uang tanpa hambatan melalui Internet, bebas dari otoritas pusat atau kendali pihak ketiga. 

Khususnya, pencipta Bitcoin menciptakan istilah “mata uang kripto P2P” untuk pertama kalinya, menganggapnya sebagai slogan yang menarik dan pas untuk menggambarkan aset digital secara efektif.

“Seseorang menemukan kata cryptocurrency, mungkin itu kata yang harus kita gunakan saat mendeskripsikan Bitcoin, apakah Anda menyukainya? Kedengarannya bagus,” kata Nakamoto kepada Malmi.

Baca juga: Satoshi Nakamoto dapat Penghargaan dari Amerika Serikat? Ini Faktanya!

Anonimitas dengan Kehati-hatian

Nakamoto menyarankan pada Malmi untuk tidak tidak terlalu menekankan sifat anonim dari Bitcoin, mengingat potensi riwayat transaksi mengungkap identitas pengguna. Namun, ia memberikan saran bagi pengguna yang tetap ingin anonimitas mereka terjaga.

“Jika Anda ingin tetap anonim (sebenarnya pseudonim), berhati-hatilah untuk tidak mengungkapkan informasi apa pun yang mengaitkan alamat Bitcoin Anda dengan identitas Anda, dan gunakan alamat Bitcoin baru untuk setiap pembayaran yang Anda terima,” tulisnya. 

Keamanan adalah Utama

Sejak awal Bitcoin, keamanan adalah perhatian utama bagi Satoshi. Ia memperkenalkan konsep kunci privat yang dilindungi kata sandi sebagai salah satu langkah pertama dalam memastikan keamanan aset digital pengguna.

Satoshi juga menekankan pentingnya memiliki cadangan yang aman untuk kunci privat dan data wallet. Dalam ekosistem Bitcoin, kehilangan akses ke kunci privat berarti kehilangan akses ke aset Bitcoin itu sendiri. Oleh karena itu, Satoshi menganjurkan pengguna untuk membuat cadangan informasi penting ini di lokasi yang aman dan terlindungi. 

Desentralisasi adalah Kunci

Inti dari desain Bitcoin adalah prinsip desentralisasi. Satoshi membayangkan mata uang yang bebas dari otoritas pusat, di mana konsensus di antara peserta jaringan memastikan integritas dan kepercayaan. Visi desentralisasi ini tidak hanya teknis tetapi juga filosofis, menantang sistem keuangan tradisional dan menganjurkan otonomi keuangan yang lebih besar.

Pasokan Tetap Bitcoin dan Model Ekonomi

Keputusan Satoshi untuk membatasi pasokan Bitcoin sebanyak 21 juta koin adalah pilihan yang disengaja untuk menciptakan mata uang deflasi. Ini berbeda dengan sifat inflasi mata uang fiat dan mencerminkan pendekatan yang dipikirkan dengan baik untuk menetapkan model ekonomi yang berkelanjutan.

Pentingnya Komunitas dan Kolaborasi

Pengembangan Bitcoin bukanlah upaya solo. Korespondensi Satoshi dengan pengembang awal seperti Martti Malmi (Sirius) menekankan semangat kolaborasi yang mendorong pengembangan awal Bitcoin. Satoshi menghargai keterlibatan komunitas dan kontribusi, yang sangat penting untuk mengatasi tantangan teknis dan mendorong inovasi.

Baca juga: Mengenal BRC-20 di Jaringan Bitcoin


Melalui perspektif Satoshi Nakamoto, kita mendapatkan apresiasi yang lebih dalam untuk prinsip dan pertimbangan yang membentuk Bitcoin. Di luar inovasi teknologinya, Bitcoin mewakili pemikiran ulang radikal tentang sistem moneter, menekankan privasi, keamanan, dan desentralisasi. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.