Berita Bitcoin · 7 min read

Hak Cipta Craig Wright Sebagai Penemu Bitcoin Diragukan

Menurut laporan Financial Times pada 22 Mei, melakukan pendaftaran hak cipta untuk white paper Bitcoin dan source code bitcoin (BTC) di Kantor Hak Cipta Amerika Serikat tidak membuat ilmuwan komputer Australia Craig Wright diakui sebagai Satoshi Nakamoto oleh pemerintah,

Craig Wright ajukan hak cipta

Perkembangan tersebut mengikuti berita bahwa Wright mengajukan pendaftaran hak cipta untuk white paper Bitcoin yang ditulis dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Sebuah berita yang dirilis dari 21 Mei lalu mengklaim bahwa para pejabat Amerika Serikat menerima konfirmasi bahwa Wright memang Satoshi Nakamoto, tetapi berita tersebut telah disambut dengan skeptis dari komunitas crypto.

Seorang juru bicara untuk Wright mengatakan kepada Financial Times bahwa “pendaftaran yang dikeluarkan oleh Kantor Hak Cipta Amerika Serikat  mengakui Wright sebagai penulis — di bawah nama samaran Satoshi Nakamoto — dari whitepaper dan kode,” juru bicara tersebut mengklaim Kantor tersebut sebagai agen pemerintah pertama yang mengakui Wright sebagai pencipta mata uang digital terkemuka.

Baca juga: Laos Nyatakan Pelarangan Mata Uang Crypto

Namun, klaim tidak memiliki dasar kenyataan yang jelas ketika Kantor tersebut menerima aplikasi untuk pendaftaran, kantor tersebut tidak menyelidiki kebenaran pernyataan yang dibuat dalam aplikasi itu, atau identitas orang yang mendaftar untuk hak cipta, jelas Kantor tersebut mengatakan kepada Financial Times.

“Dalam kasus di mana sebuah karya terdaftar dengan nama samaran, Kantor tersebut tidak menyelidiki apakah ada hubungan yang dapat dibuktikan antara penuntut dan penulis nama samaran.”

Selain itu, mendaftarkan kode sumber tidak melindungi kekayaan intelektual bitcoin sebagai sebuah penemuan.

Kantor Hak Cipta dapat membatalkan aplikasi pendaftaran jika dipastikan bahwa informasi yang disajikan adalah klaim palsu dan orang yang mengaku sebagai penulis sebuah karya sebenarnya bukan siapa yang mereka klaim.

Baru-baru ini, skandal seputar bitcoin SV (BSV) — altcoin yang didukung oleh Wright — menempatkan Wright di pusat perhatian internasional ketika cryptocurrency exchange mulai menghapus koin di tengah kampanye Wright untuk mendanonimkan salah satu kritiknya, yang disebut Hodlonaut.

Hodlonaut menargetkan pengusaha Australia itu dengan tweet ofensif, menyebutnya “scammer yang sangat sedih dan menyedihkan. Jelas sakit mental, ”dan diduga ikut serta dalam menciptakan tagar #CraigWrightIsAFraud.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.