Berita Altcoins · 8 min read

Harga Sol Naik 12%, Market Cap Sentuh $4 Miliar!

Harga Sol naik

Tiga hari jelang 2023 harga Sol sempat turun ke level $8, yang menjadikannya harga terendah Sol di 2022, namun di awal 2023, tepatnya di 2 Januari 2023, harga Sol mengalami pergerakan positif dengan kembali berada di atas $10. 

Saat artikel ini ditulis pukul 20.38 WIB, harga Sol berada di angka $11.20, dengan kenaikan lebih dari 12%, menurut Coinmarketcap.  Selain itu, selama peningkatan ini, Solana memperoleh sebanyak $500 juta selama satu jam untuk kapitalisasi pasarnya, menjadikan nilai totalnya kembali hingga lebih dari $4 miliar.

Kenaikan harga Sol dalam satu hari. Sumber: Coinmarketcap
Kenaikan harga Sol dalam satu hari. Sumber: Coinmarketcap

Meski alami kenaikan, Solana belum memperbaiki penurunan yang dialami selama beberapa bulan terakhir. Aset kripto itu telah turun hampir 20% dalam sebulan terakhir dan telah kehilangan lebih dari 95% nilainya sejak mencapai level tertinggi sepanjang masa hampir $260 pada November 2021.

Sol turun dari posisi kelima dalam daftar aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar pada November 2022 ke posisi 19 awal bulan ini sempat keluar dari 20 besar, dan saat artikel ini dipublikasi Sol ada di peringkat 16 berdasarkan kapitalisasi pasar.

Penurunan harga Sol akhir pekan lalu, sempat menjadi perhatian pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. Ia mentweet bahwa “orang pintar” telah memberitahunya bahwa ada “komunitas pengembang pintar yang sungguh-sungguh di Solana,” dan bahwa rantai tersebut memiliki “masa depan yang cerah” sekarang setelah ” uang oportunistik orang yang mengerikan telah tersapu bersih. Buterin menambahkan bahwa dia berharap komunitas Solana “mendapatkan kesempatan yang adil untuk berkembang.”

Baca juga: Harga Sol Turun 97%, Vitalik Buterin Berikan Dukungan ke Solana

Penyebab Harga Sol Turun

Penularan dari runtuhnya pertukaran crypto FTX kemungkinan besar merupakan penyebab utama dari kesengsaraan harga Solana baru-baru ini, pada bulan November, Solana Foundation membagikan rincian keterikatan keuangannya dengan bursa yang sekarang bangkrut dan firma saudaranya, Alameda Research.

Dana lindung nilai saudara FTX, Alameda Research menginvestasikan dana ke dalam 17 total proyek Solana, bernilai total sekitar $3,26 miliar, per data dari DeFi Llama.

Selain keterkaitan dengan FTX dan Alameda, beberapa proyek berskala besar telah mengumumkan rencana untuk meninggalkan ekosistem Solana dalam beberapa bulan terakhir.

DeGods, koleksi NFT populer yang ada di jaringan Solana, akan bermigrasi ke ekosistem Ethereum pada kuartal pertama tahun ini. Proyek NFT yanga da di Solana lainnya, yOOts, akan dipindahkan ke Polygon, jaringan Layer-1 berbasis Ethereum.

Baca juga: Peristiwa Besar Industri Kripto 2022, dari Terra Hingga FTX

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.