Berita Altcoins · 7 min read

Harga Solana Anjlok di Bawah $10, Turun 96% dari ATH

Harga Solana

Solana (SOL) mengalami penurunan tajam hari ini, harga SOL menyentuh di bawah $10 untuk pertama kalinya sejak Februari 2021.

Pada saat penulisan, SOL diperdagangkan senilai $9.45 pukul 17.30 WIB dan mengalami penurunan 5,32% selama 24 jam terakhir, berdasarkan data CoinMarketCap.

Harga Solana selama 24 jam terakhir. Sumber: CoinMarketCap
Harga Solana selama 24 jam terakhir. Sumber: CoinMarketCap

Harga Solana di Bawah Tekanan

Terakhir kali SOL diperdagangkan dengan harga kurang dari $10 adalah pada Februari 2021. Enam bulan kemudian, harga SOL meledak dan mulai meroket dalam nilai yang mencapai hampir $260 per koin pada November 2021.

Sejak saat itu, SOL telah kehilangan hampir 96% nilainya dari All Time High (ATH), dibandingkan dengan penurunan 76% untuk Bitcoin dan Ethereum, bersumber dari Decrypt.

Sementara, sejak keruntuhan FTX harga SOL ikut di bawah tekanan ketika bursa tersebut runtuh pada awal November lalu di tengah krisis likuiditas, koin SOL menjadi salah satu koin yang terdampak paling besar daripada kebanyakan mata uang aset kripto lainnya. 

Karena tampaknya Sam Bankman Fried pemilik bursa FTX dengan perusahaannya punya hubungan kedekatan sendiri. SOL dihargai di atas $37 pada hari-hari menjelang kejatuhan FTX.

Baca Juga: Harga SOL Anjlok! Ada Apa dengan Solana?

Meskipun kerugian SOL sempat stabil pada awal Desember ini, diperdagangkan sekitar $13, namun tetap nilai koin tersebut telah turun secara signifikan selama dua minggu terakhir. SOL turun 19% selama seminggu terakhir, dan 29% selama 30 hari terakhir.

Bagaimana Masa Depan Solana?

.Jika dilihat data Santiment, aktivitas pengembangan Solana anjlok secara besar-besaran karena pengembang tidak lagi melihat keuntungan menggunakan jaringan yang dulunya disebut sebagai “Ethereum Killer”.

Keadaan jaringan saat ini dan koin yang mendasarinya menunjukkan bahwa kematian totalnya lebih dekat daripada pemulihan potensial.

Menurut U.today, mayoritas developer dan proyek besar meninggalkan blockchain untuk jaringan seperti Polygon dan Ethereum. 

Tanpa penggunaan dan aktivitas, Solana akan berubah menjadi blockchain hantu yang bahkan tidak akan menarik spekulan yang memperdagangkan aset tidak likuid.

Jika hal ini terus berlanjut di tahun depan, nama Solana bisa saja menghilang perlahan. Hingga saat ini masih belum jelas bagaimana tim developer mempersiapkan roadmap terbaru untuk menarik perhatian dan menjadikan SOL lebih baik di 2023

Baca Juga: Aktivitas On-Chain Solana Turun 60% Sejak FTX Bangkrut!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.