Berita Altcoins · 8 min read

Harga SOL Anjlok! Ada Apa dengan Solana?

Ada apa dengan solana

Kekacauan yang tengah dialami pasar kripto ini merupakan imbas dari masalah FTX dan Alameda yang hadapi masalah likuiditas, dan FTX yang batal diakuisisi Binance. 

Situasi antara Binance dan FTX ini pun turut memberikan dampak bagi pasar kripto yang alami penurunan signifikan dalam beberapa hari ini, kapitalisasi pasar kripto pun turun di bawah satu triliun dollar Amerika. 

Harga Bitcoin juga telah turun ke bawah $17.000 dan meraih harga terendahnya dalam satu tahun ini, altcoin lain ikut merah serentak, salah satu altcoin yang paling parah terkena imbas masalah ini adalah SOL. 

SOL telah didukung secara besar-besaran oleh FTX dan Bankman-Fried selama bertahun-tahun, keduanya telah membantu Solana mendapatkan daya tarik dan visibilitas. SOL juga merupakan holding terbesar kedua untuk Alameda, dengan kepemilikan SOL yang mewakili sekitar 10% dari kapitalisasi pasar Solana. 

Kepemilikan yang besar ini memicu ketakutan investor, jika Alameda dan FTX menjual SOL untuk menambah modal, maka harga SOL akan turun. Solana sendiri  telah turun 50% dalam seminggu dan 24 jam terakhir turun ke 20,82%. 

Harga Sol saat artikel ini dirilis pukul 15.34 WIB berada di level $14, sebelumnya harga aset ini sempat naik ke $20.76. 

Penurunan SOL ini diprediksi masih akan terus berlanjut, karena para validator Solana akan melepas aset mereka dari proses staking dan ada kemungkinan akan menjualnya. Jika skenario ini terjadi harga SOL bisa saja turun.

Baca juga: Apa Itu Solana? Panduan Lengkap untuk Pemula

Solana Telah Kehilangan 95% Nilainya!

Selain itu, adanya tekanan jual tinggi juga karena SOL mengalami penurunan lebih dari 95% sejak harga tertingginya di harga $260 di 2021, dan tidak ada aset kripto di 100 teratas berdasarkan kapitalisasi pasar yang kehilangan nilai lebih dari 91% minggu ini di luar FTT. 

Sementara itu, Fouder Solana Anatoly Yakovenko  mentweet pada 9 November  bahwa Solana Labs, perusahaan AS yang mewakili para pendiri dan pembuat inti di balik jaringan, tidak memiliki paparan terhadap FTX. Dia menambahkan bahwa dana perusahaan disimpan dalam dolar. 


Artikel ini merupakan informasi dan bukan acuan untuk mengambil keputusan dalam proses investasi aset kripto. Semua keputusan investasi ada di tangan investor dengan mengetahui segala risiko dan keuntungan yang ada.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.