Berita Bitcoin · 5 min read

Harga Bitcoin Mulai Reli, Investor FOMO Jadi Pemicu!

harga bitcoin juli 2024

Harga Bitcoin kembali mengalami lonjakan, menembus level US$62.000 setelah sebelumnya sempat merosot di bawah US$60.000. Hal ini mendorong indeks Fear & Greed dari ‘ketakutan ekstrem’ menjadi ‘keserakahan’ dalam waktu singkat.

Menurut data dari Alternative.me per Selasa (16/7/2024), indeks Fear & Greed kripto telah mencapai angka 65, menunjukkan indikator Greed dan menandakan adanya aksi beli besar-besaran di pasar kripto.

Indeks Fear & Greed kripto saat ini berada di angka 65. Sumber: Alternative.me

Pekan lalu, indeks ini masih berada di angka 27 dan menunjukkan adanya sentimen Fear. Angka tersebut merupakan level terendah sejak awal Januari 2023.

Baca juga: Harga BTC Melemah, Indeks Fear and Greed Turun ke Level Terendah

FOMO Bitcoin Melonjak Naik

Dalam sebuah postingan di X pada Selasa (16/7/2024), Santiment mengungkapkan bahwa rebound Bitcoin kali ini turut didorong oleh fenomena FOMO (Fear of Missing Out).

Dalam konteks investasi kripto, FOMO mengacu pada individu yang takut ketinggalan tren sehingga berbondong-bondong membeli aset kripto untuk mencapai tujuan tertentu, seperti meraih keuntungan instan.

Santiment menyatakan bahwa reli kripto ini dimulai tepat setelah insiden penembakan Donald Trump pada tanggal 13 Juli lalu, dan reli ini belum melambat sejak saat itu.

Kini, optimisme baru di pasar sebagian besar dipicu oleh investor yang melihat peluang kemenangan Trump yang semakin besar dalam pemilihan presiden AS pada November mendatang, terutama karena dirinya diketahui baru saja memilih calon wakil presiden yang ramah kripto, J.D. Vance.

Adapun Santiment menyarankan investor untuk berhati-hati terhadap fenomena ini, terutama dalam melakukan perdagangan kripto.

“Berhati-hatilah saat orang-orang menjadi sangat bullish tanpa banyak tanda-tanda ketakutan,” pungkas Santiment.

Baca juga: Donald Trump Pilih Cawapres Pro Kripto

Arus Masuk Besar-besaran ke Produk ETF Bitcoin

Performa harga Bitcoin pada pekan ini berbanding terbalik dengan pekan lalu, di tengah ketakutan pasar akibat aksi penjualan Bitcoin oleh pemerintah Jerman dan pembayaran ganti rugi kreditur Mt. Gox.

Kini, Bitcoin kembali bersinar dengan kenaikan lebih dari 9% dan diperdagangkan stabil di atas level US$62.000. Saat artikel ini ditulis, harga per koin berada di kisaran US$62.665.

Kenaikan ini sejalan dengan arus masuk besar-besaran ke produk Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin di AS. Data dari Farside Investors menunjukkan bahwa ETF Bitcoin di AS telah mengalami arus masuk dana besar selama tujuh hari perdagangan berturut-turut.

Arus masuk ke dalam ETF Bitcoin di AS. Sumber: Farside Investors

Pada 15 Juli saja, sebelas produk ETF Bitcoin telah mencatat arus masuk dana mencapai US$300 juta, dengan BlackRock iShares Bitcoin Trust (IBIT) dan ARK 21shares Bitcoin ETF (ARKB) memimpin dana masuk terbesar masing-masing sebesar US$117,2 juta.

Laporan CoinShares baru-baru ini juga menunjukkan bahwa produk investasi kripto telah mencetak rekor baru dengan arus masuk dana mencapai US$17,8 miliar sepanjang tahun 2024.

Produk investasi Bitcoin tetap menjadi pilihan utama, dengna mencatat arus masuk mingguan terbesar kelima dalam sejarahnya sebesar US$1,35 miliar pada pekan lalu.

Baca juga: Produk Investasi Kripto Cetak Rekor, Raih Inflow Rp288,3 Triliun

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.