Berita Altcoins · 6 min read

Harga Bitcoin Meroket, Biaya Transaksi Ikutan Naik!

Harga Bitcoin dan Ethereum bergerak naik, begitu pula dengan biaya transaksinya.

Dilansir dari Decrypt, biaya pemindahan Bitcoin saat ini menyentuh harga tertinggi dengan rata-rata biaya sebesar $25,46 setara dengan Rp355 ribu menurut data BitInfoCharts terbaru.

Biaya naik dengan cepat minggu ini disebabkan  oleh Tesla dari Elon Musk yang mengumumkan telah membeli mata uang tersebut. Kenaikan tersebut mengalami lonjakan hingga 122% dalam tiga hari, setelah pada hari Minggu hanya menelan biaya $11,45.

Namun biaya transaksi ini nyatanya bukan yang tertinggi sebab, biaya ini pernah mencapai $55 pada 2017 saat Bitcoin mencetak harga mendekati $20.000.

Pengembang Bitcoin Leon Johnson memberi tahu Decrypt bahwa ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan bagi investor Bitcoin pada umumnya.

Dia menambahkan bahwa solusinya adalah Lightning Network, yaitu “solusi lapis kedua” yang mempercepat transaksi dengan melewati blockchain Bitcoin utama  tetapi kebanyakan orang tidak akan menggunakannya karena masih belum tersedia diberbagai wallet populer.

Torkel Rogstad, seorang pengembang perangkat lunak di perusahaan riset kripto Arcane, juga mengatakan bahwa jika biaya selalu rendah, itu berarti bahwa blockchain Bitcoin tidak begitu berguna.

“Fakta bahwa biayanya tinggi adalah bukti bahwa pengguna mendapatkan utilitas substansial dari transaksi dengan Bitcoin,” katanya kepada Decrypt.

Biaya Transaksi Naik, Bukti Jaringan Semakin Sibuk

Biaya cenderung naik ketika lebih banyak orang mengirim Bitcoin karena semua orang ingin transaksi mereka diproses secepat mungkin.

Jika jaringan sibuk, lebih banyak pengguna yang bersedia membayar premium bagi penambang untuk memprioritaskan validasi transaksi mereka.

Masalah yang sama saat ini berlaku untuk Ethereum. Mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar ini juga memperoleh biaya transaksi yang cukup tinggi.

Harga rata-rata untuk mengirim mata uang ciptaan Vitalik Buterin ini kurang lebih adalah $24,24. Harga tersebut mendekati harga tertinggi yang pernah ada yakni $25. Sebelumnya awal tahun ini  biaya pengiriman Ethereum adalah $9.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Felita Setiawan

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.