Harga Bitcoin Meroket, Biaya Transaksi Ikutan Naik!

Harga Bitcoin dan Ethereum bergerak naik, begitu pula dengan biaya transaksinya.

Dilansir dari Decrypt, biaya pemindahan Bitcoin saat ini menyentuh harga tertinggi dengan rata-rata biaya sebesar $25,46 setara dengan Rp355 ribu menurut data BitInfoCharts terbaru.

Biaya naik dengan cepat minggu ini disebabkan  oleh Tesla dari Elon Musk yang mengumumkan telah membeli mata uang tersebut. Kenaikan tersebut mengalami lonjakan hingga 122% dalam tiga hari, setelah pada hari Minggu hanya menelan biaya $11,45.

Namun biaya transaksi ini nyatanya bukan yang tertinggi sebab, biaya ini pernah mencapai $55 pada 2017 saat Bitcoin mencetak harga mendekati $20.000.

Baca juga: Biaya Transaksi Bitcoin Naik Dua Kali Lipat! Inilah Alasannya

Pengembang Bitcoin Leon Johnson memberi tahu Decrypt bahwa ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan bagi investor Bitcoin pada umumnya.

Dia menambahkan bahwa solusinya adalah Lightning Network, yaitu “solusi lapis kedua” yang mempercepat transaksi dengan melewati blockchain Bitcoin utama  tetapi kebanyakan orang tidak akan menggunakannya karena masih belum tersedia diberbagai wallet populer.

Torkel Rogstad, seorang pengembang perangkat lunak di perusahaan riset kripto Arcane, juga mengatakan bahwa jika biaya selalu rendah, itu berarti bahwa blockchain Bitcoin tidak begitu berguna.

“Fakta bahwa biayanya tinggi adalah bukti bahwa pengguna mendapatkan utilitas substansial dari transaksi dengan Bitcoin,” katanya kepada Decrypt.

Biaya Transaksi Naik, Bukti Jaringan Semakin Sibuk

Biaya cenderung naik ketika lebih banyak orang mengirim Bitcoin karena semua orang ingin transaksi mereka diproses secepat mungkin.

Jika jaringan sibuk, lebih banyak pengguna yang bersedia membayar premium bagi penambang untuk memprioritaskan validasi transaksi mereka.

Masalah yang sama saat ini berlaku untuk Ethereum. Mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar ini juga memperoleh biaya transaksi yang cukup tinggi.

Harga rata-rata untuk mengirim mata uang ciptaan Vitalik Buterin ini kurang lebih adalah $24,24. Harga tersebut mendekati harga tertinggi yang pernah ada yakni $25. Sebelumnya awal tahun ini  biaya pengiriman Ethereum adalah $9.

Baca juga: Ini Dia Waktu yang Tepat untuk Transaksi dengan Gas Fee Rendah

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.