Harga Bitcoin Gagal ke $40.000, Ini Prediksi Analis Crypto

Anisa Giovanny

27th February, 2022

Bitcoin mulai pulih kembali tetapi masih belum menembus harga di atas $40.000.

Saat artikel ini ditulis harga BTC masih ada di level $39.000. Saat ini kapitalisasi pasar Bitcoin mendekat $750 miliar.

Beberapa ahli startegi crypto dilansir Dailyhodl memetakan harga yang sekiranya bisa diraih raja aset kripto itu, setelah membuat pergerakan mengesankan dari $35.000 mendekati $40.000.

Analis crypto pseudonim, Credible, memberi tahu 311.800 pengikut Twitter-nya bahwa pergerakan jangka pendek agresif menjadi salah satu penyebab harga Bitcoin melesat naik dalam dua hari terakhir.  

Pegerakan harga Bitcoin. Sumber: Daiyhodl.
Pegerakan harga Bitcoin. Sumber: Daiyhodl.

“ Bitcoin mendapatkan tekanan yang agresif kemarin, masih belum yakin apakah ini akan bertahan. Jika ya maka resistensi ada di $42.000, namun batas bawah ada di $29.000-$32.000, “ katanya.

Tekanan jangan pendek ini terjadi ketika trader yang meminjam unit aset pada harga tertentu dengan harapan menjual lebih rendah untuk mengantongi selisih (short) dipaksa untuk membeli lagi saat harga bergerak sebaliknya.

Dalam kasus Bitcoin, para trader bertaruh bahwa BTC akan menembus $35.000 setelah Rusia mengumumkan aksi militernya terhadap Ukraina.

Sebaliknya, aset kripto justru turun dan memaksa trader yang kekurangan Bitcoin untuk membeli lagi senilai lebih dari $300 juta pada 24 Februari. Hal tersebut pun memicu tekanan jangan pendek dan membuat harga BTC menjadi $40.000 pada 26 Februari.

Sesama analis crypto Smart Contracter memberi tahu 205.200 pengikut Twitter-nya bahwa BTC kini telah menetapkan kisaran jangka pendek antara $35.000 dan $44.000.

Baca juga: Presiden Rusia Nyatakan Perang Terhadap Ukraina, Bitcoin Ambles Hingga $35 Ribu

Kondisi Crypto Masih Sangat Fluktuatif

Beberapa hari terakhir sangat fluktuatif untuk ruang cryptocurrency, serta semua pasar keuangan lainnya menyusul konflik Russia dan Ukraina.

Seperti halnya Bitcoin, sebagian besar altcoin mengalami peningkatan fluktuasi harga yang serupa selama seminggu. Namun saat ini sudah terpantau stabil, saat ini Ethereum berada di level $2.750.

Baca juga: Aktivis Pussy Riot Luncurkan DAO untuk Ukraina

Binance Coin, Cardano, Avalanche, Polkadot, dan Dogecoin juga sedikit bergerak naik.

Terra adalah salah satu altcoin yang berkinerja terbaik dengan peningkatan 4% dan membuat harga tertinggi sejak akhir Januari di lebih dari $75.

Solana, Ripple, dan Shiba Inu telah kehilangan daya tariknya sejak kemarin.

Bahkan sebagian besar altcoin berkapitalisasi rendah dan menengah telah terhenti, dan kapitalisasi pasar kripto meningkat sedikit di $1,8 triliun.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency