Hackathon Web3 TezAsia Raih Peningkatan Peserta 700%!

Anisa Giovanny

19th July, 2022

TezAsia hackathon Web3 terbesar di Asia sedang berlangsung sejak 10 Juli 2022 dengan 10.000 peserta, jumlah ini meningkat  700% dari total 1.422 pendaftaran tahun lalu.

Acara ini menjadi wadah bagi para calon pendatang baru, pembuat kode tingkat lanjut, pelajar, profesional, dan penggemar blockchain. Dalam hackathon ini peserta berkesempatan untuk memenangkan hadiah hingga $200.000 dan mendapatkan peluang untuk bisa bekerja sama dengan dApps, platform, mentor, dan entitas berbasis Tezos terbaik di ekosistem. 

Baca juga: TezAsia Luncurkan Hackathon dengan Hadiah Lebih dari $200.000

Hackathon kali ini mengangkat tema untuk berpusat pada skala dan inovasi. Kandidat dapat memilih di antara dua tema, yakni Small but great dan Disrupt all the things.

Untuk tema pertama peserta akan fokus membangun dApp sederhana di blockchain Tezos, sedangkan tema kedua cocok untuk tim dengan visi yang menarik dan dapat mengubah ekosistem untuk menampilkan POC/MVP dari produk Web3 impian mereka.

Kandidat pun bisa menemukan daftar ide terperinci yang bisa dijadikan sumber inspirasi untuk meningkatkan peluang mereka menang di setiap kategori.

Menurut Om Malviya, Presiden Tezos India, TezAsia Hackathon adalah momen yang cocok untuk semua orang untuk masuk dan berkontribusi pada ekosistem Tezos melalui spektrum kegiatan yang dibimbing oleh para pemimpin global.

“Ini akan menjadi momen yang menentukan bagi para siswa dan penggemar yang bercita-cita tinggi dengan tujuan utama untuk belajar dan mencapai pencapaian besar dalam hidup mereka,” katanya.

Mengomentari hackathon, Katherine Ng, Managing Director TZ APAC yang baru, mengatakan: “Dengan populasinya yang muda, asli secara digital, dan ambisius, tidak mengherankan bahwa kami melihat adopsi Web3 yang cepat di seluruh NFT dan kepemilikan dompet kripto di Asia. Pada tahun lalu, hampir setengah dari kapitalisasi pasar crypto global berbasis di wilayah APAC, yang telah memunculkan beberapa proyek industri yang akan datang dan mendirikan unicorn.”

Jadwal yang Dikemas dengan Kegiatan Mentoring

Dimulai pada 10 Juli dengan webinar kick-off, hackathon menampilkan lokakarya ekstensif selama 7 hari, yang diadakan hingga 20 Juli, diikuti dengan sesi pembinaan dan pendampingan dari 21 Juli hingga 5 Agustus. 

Lokakarya ini akan membawa pengembang untuk membangun dApp end to end di Tezos dan menjelaskan setiap langkah pengembangan dari mempelajari bahasa smart contract hingga standar token, beberapa perpustakaan integrasi, dan blockchain Tezos secara lebih umum.

Peserta juga akan mengeksplorasi ide dan pelajaran menarik tentang membangun proyek di Tezos melalui berbagi konten dan sumber daya. Terakhir, para peserta akan menyerahkan proyek akhir mereka antara 5 Agustus dan 12 Agustus, ketika tahap evaluasi resmi akan berlangsung.

Baca juga: Apa Itu Tezos (XTZ)? Blockchain Ramah Lingkungan

Hadiah Hackathon TezAsia

Pemenang TezAsia Hackathon 2022 bisa mendapatkan penghargaan yang menarik dengan total hadiah hingga $15.000. Selain itu, setiap pemenang trek akan menerima:

Tema Small but Great

  1. DeFi
  • Winner $5,000
  • Runner-up $3,000
  • Second Runner-up $2,000
  1. NFT & Gaming
  • Winner $5,000
  • Runner-up $3,000
  • Second Runner-up $2,000

Terbaik di trek lainnya (Alat & Dompet dan integrasi Web3 dengan Trek Web2): Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar $1.500.

Tema Disrupt All The Things

  1. Defi
  • Winner $15,000
  • Runner-up $10,000
  1. NFT & Gaming
  • Winner $15,000
  • Runner-up $10,000

Terbaik di trek lainnya (Alat & Dompet dan integrasi Web3 dengan Trek Web2): Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar $6.000.

Semua peserta juga akan menerima Exceptional Performance Certificate dalam bentuk NFT.

Hadiah Khusus untuk Wanita

Hackathon ini juga memberikan hadiah khusus bagi proyek yang dipimpin wanita, karena masih sangat sulit bagi wanita untuk mendapatkan pendanaan dan menemukan investor yang cocok. 

Dengan jalur Women in Tech (WIT) yang berfokus pada pembangunan platform crowdfunding ekuitas kripto, mirip dengan platform ECF berlisensi seperti Kickstarter untuk menciptakan pasar yang berfokus pada bisnis yang dipimpin oleh wanita atau pemberdayaan wanita.

Pemenang kategori ini ini akan mendapatkan hadiah sebesar $10.000. Di luar hadiah, kandidat dapat berharap untuk melakukan komunikasi secara langsung  dengan VC yang berfokus pada blockchain, yang akan menghadiri presentasi untuk mendengar apa yang dikatakan peserta dan memeriksa masalah yang mereka coba selesaikan  lebih rinci.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency