Berita Regulasi · 7 min read

Gubernur The Fed Dukung Rancangan Mata Uang Digital

Ketua The Fed, Jerome Powell beri dukungan penuh dalam rancangan membuat mata uang digital mereka sendiri.

Namun sampai sekarang, The Fed masih terus berdiskusi dan mengevaluasi bagaimana mereka merelaksasikan mata uang digital tersebut.

Kemungkinan Mata Uang Digital untuk Amerika Serikat

Jerome Powell, ketua The Fed Amerika Serikat pernah menyinggung tentang paperback ini sejak bulan Juli.

Powell menjelaskan bahwa laporan tersebut akan mencakup seluruh lanskap cryptocurrency, termasuk koin pribadi, stablecoin, dan CBDC. Rencana tersebut akan dirilis september ini.

Meskipun Powell tertarik pada “inovasi transformatif” mata uang digital, ia juga tidak terburu-buru untuk menerapkannya di depan pesaing nasionalnya.

“Saya pikir penting bagi kita untuk sampai ke tempat di mana kita dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang hal ini dan melakukannya dengan cepat,” kata Powell pada konferensi pers pasca-pertemuannya. 

Powell juga mengakui jika ‘mereka’ memang tertinggal soal teknologi mata uang digital ini. Tapi menurutnya, lebih penting untuk melakukan ini dengan benar daripada melakukannya dengan cepat.

Sementara itu, The Fed Boston telah mengambil poin pada proyek tersebut. 

Manfaat CBDC

Pihak The Fed Boston memutuskan bergabung dengan MIT dalam sebuah inisiatif tentang apakah bank sentral harus membuat koin digitalnya sendiri yang ditargetkan untuk membuat sistem pembayaran lebih efektif. 

Gubernur The Fed Boston, Lael Brainard telah menjadi pendukung kuat upaya tersebut. Meskipun beberapa pejabat lainnya, termasuk Wakil Ketua Pengawasan Randal Quarles, meragukannya.

Brainard mengatakan jika mata uang digital kedepannya pasti memberikan manfaat yang berarti.

Sebut saja bisa melakukan pembayaran dengan cepat kepada orang-orang alami masa krisis, atau bisa menyediakan layanan keuangan kepada mereka yang tidak memiliki rekening bank.

Dengan tahap diskusi yang panjang, beberapa kekhawatiran bahkan telah dikemukakan bahwa jika The Fed tidak bertindak lebih agresif, posisi dolar sebagai mata uang cadangan global dapat ditantang.

Desakan itu terjadi karena ketukan drum yang lebih besar telah dibangun karena bank sentral, terutama China, telah bergerak maju dengan rencana mereka sendiri dan memulai tahap pertama implementasi.

Powell mencatat posisi dolar di dunia dan mengatakan The Fed “di tempat yang baik” untuk membuat keputusan apakah akan menerapkan mata uang digitalnya sendiri. 

Ia juga membalas beberapa kekhawatiran tentang lanskap peraturan dan mengatakan The Fed kemungkinan akan memerlukan izin kongres jika memutuskan untuk melanjutkan.

“Jika menyangkut uang publik, kita perlu memastikan bahwa perlindungan peraturan yang tepat ada, dan hari ini memang tidak ada dalam beberapa kasus,” kata Powell.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.