Berita Altcoins · 7 min read

Grayscale Luncurkan Dana Kripto Berbasis Aave

aave

Grayscale, salah satu manajer aset terbesar di Amerika Serikat, telah meluncurkan dana investasi kripto baru yang berbasis token tata kelola Aave yakni AAVE.

Menurut keterangan resmi pada Kamis (3/10/2024), Grayscale menyampaikan bahwa Grayscale Aave Trust adalah salah satu sekuritas pertama yang sepenuhnya berinvestasi dalam dan mendapatkan nilai dari harga Aave (AAVE). Produk ini memberikan kesempatan bagi para investor untuk mendapatkan eksposur terhadap AAVE dalam bentuk sekuritas, tanpa harus membeli atau menyimpan AAVE secara langsung. 

Baca juga: Aave Bakal Debut di Mainnet ZKsync Era, Token AAVE Naik 13%

Aave sendiri adalah protokol pinjaman DeFi yang dirancang untuk memfasilitasi pinjam-meminjam secara transparan menggunakan smart contract dan dilakukan secara terdesentralisasi. Melalui platform ini, pengguna dapat meminjam dan meminjamkan aset tanpa memerlukan skor kredit dan verifikasi identitas sehingga menawarkan opsi peminjaman yang lebih terbuka dibandingkan pinjaman tradisional.

“Grayscale Aave Trust memberikan investor akses ke sebuah protokol yang memiliki potensi besar untuk merevolusi sistem keuangan tradisional. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain dan smart contract, platform terdesentralisasi Aave bertujuan untuk mengoptimalkan proses peminjaman dan pemberian pinjaman, sambil menghilangkan peran perantara dan mengurangi ketergantungan pada penilaian manusia,” ujar Rayhaneh Sharif-Askary, Kepala Produk dan Riset Grayscale.

Dana investasi ini telah tersedia untuk langganan harian oleh investor terakreditasi individu maupun institusi yang memenuhi syarat. Adapun produk ini menambah rangkaian produk investasi kripto Grayscale yang berfokus pada aset tunggal. Pada Agustus 2024, Grayscale juga meluncurkan tiga dana kripto baru yang berinvestasi dalam token Sky (sebelumnya MakerDAO), Bittensor, dan Sui.

Grayscale diklaim sebagai manajer dana kripto terbesar di dunia, dengan total dana yang dikelola (AUM) bernilai hingga US$21 miliar per 2 Oktober. Hingga kini, Grayscale telah menawarkan lebih dari 20 produk investasi kripto yang berbeda.

Baca juga: Grayscale Luncurkan Dana Investasi Avalanche, Token AVAX Meroket 14%

Harga AAVE Bereaksi

Setelah peluncuran dana investasi Grayscale, harga token AAVE menunjukkan tren kenaikan yang signifikan mencapai kisaran US$146 dari harga sebelumnya di US$141. Kenaikan ini juga disertai dengan peningkatan volume perdagangan sebesar 30%, serta kapitalisasi pasar AAVE yang naik 2% hingga mencapai lebih dari US$2 juta.

Gambar: pergerakan harga Aave dalam 24 jam terakhir. Sumber: CoinMarketCap

Meski kapitalisasi pasarnya itu relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan aset kripto populer lainnya, Aave telah menjadi protokol pinjaman kripto terbesar berdasarkan Total Value Locked (TVL) yang saat ini berkisar US$12 miliar, menurut data DeFiLlama.

Baca juga: Aave Umumkan Upgrade Besar Aave V4

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.