Gandeng Decentraland, Australia Open Digelar Virtual di Metaverse

Rossetti Syarief

17th January, 2022

Turnamen Tenis Australia Open (AO) dilaporkan akan menggelar kejuarannya secara virtual tahun ini.

Australia Open diketahui telah bermitra dengan Decentraland. Dengan hasil ini maka AO biasa ia disingkat akan menjadi acara olahraga terkemuka pertama yang diselenggarakan di Metaverse.

Area utama di Melbourne Park dapat diakses secara virtual, termasuk Rod Laver Arena dan Grand Slam Park, lokasi tersebut dibuka selama turnamen berlangsung dari 17 Januari – 30 Januari.

AO yang ditampilkan di Decentraland akan menampilkan cuplikan ulang pertandingan tenis sejak tahun 70-an, serta pertemuan virtual dengan pemain tenis papan atas seperti Mark Philippoussis.

Penggemar juga akan mendapatkan konten eksklusif berupa cuplikan di balik layar dari 300 kamera di sekitar Melbourne Park, termasuk area kedatangan pemain.

Manajer Tennis Australia NFT & Metaverse Project, Ridley Plummer, mengatakan dalam pidato sambutan virtualnya di Decentraland bahwa ia berharap Australia Open dapat menjadi acara olahraga dan hiburan yang paling mudah diakses dan inklusif di dunia.

“Dengan tantangan unik yang dihadapi penggemar untuk sampai ke Melbourne, kami mempercepat peluncuran kami ke Metaverse dan menggelarnya secara virtual adalah langkah penting untuk memberikan akses yang benar-benar global ke acara besar semacam ini.” Ungkap mereka.

Tantangan Penyelenggaraan Australia Open

Setelah pandemi Covid-19 melanda, tidak hanya pembelajaran yang dilakukan secara virtual, menonton konser dan menyaksikan pertandingan olahraga juga sama. 

Sebelumnya, acara AO yang diselenggarakan secara normal pada 2021 silam menghadapi berbagai tantangan, termasuk jumlah penonton di tempat yang secara historis rendah dan aturan jaga jarak yang membuat penyelenggara merugi.

Oleh karena itu, pihak penyelenggara menggelarnya secara virtual daripada tidak di gelar sama sekali.

Plummer kemudian mengatakan bahwa AO berencana untuk terus berkolaborasi dengan Decentraland di masa depan

“Kami telah mengubah arah AO selama lima tahun terakhir. Selain menonton tenis, orang-orang datang ke AO karena mereka ingin makan makanan enak, berbelanja, minum bersama teman, dan mendengarkan musik live. Ini telah menjadi festival hiburan. Perkembangan alami dari pengalaman dalam kehidupan nyata ini adalah untuk membuatnya kembali di Metaverse juga, memungkinkan penggemar untuk memiliki pengalaman yang lebih baik daripada yang bisa mereka dapatkan di tempat.” Ungkapnya.

Baca Juga: Tren Beli Tanah Virtual, di Decentraland Laku 3,5 juta Dollar!

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.