Berita Regulasi · 8 min read

Gaji Gary Gensler Sebagai Ketua SEC Diusulkan Turun, Cuma Rp15.600 Setahun

GARY GENSLER

Anggota legislatif Amerika Serikat, Tim Burchett, mengajukan usulan terkait dengan amandemen RUU Jasa Keuangan dan Pemerintahan Umum (FSGG).

Ia mengusulkan agar gaji Gary Gensler,ketua Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) dipotong menjadi US$1 per tahun atau setara dengan Rp15.600. Saat ini gaji Gensler sebesar US$300.000 per tahun. 

Steve Womack yang memperkenalkan RUU tersebut ke Komite Peraturan DPR pun menguraikan bahwa SEC, di antara lembaga-lembaga lainnya, telah menjadi korban dari pelanggaran peraturan dan menjadi beban keuangan yang tidak semestinya bagi pemerintah.

Baca juga: 5 Kripto Hype 2021, Ini Nasibnya Sekarang

Womack mengatakan bahwa tindakan terbaik adalah dengan membubarkan dana SEC untuk membantu membatasi “intrusifitas” peraturannya sambil memaksa regulator untuk kembali fokus pada misi intinya.

“Secara khusus, kami menolak pembuatan peraturan di Komisi Sekuritas dan Bursa yang tidak memiliki analisis biaya-manfaat dan analisis dampak agregat yang tepat,” katanya.

Ia menambahkan, “Untuk lebih jelasnya, lembaga-lembaga di bawah yurisdiksi kami menjalankan fungsi-fungsi penting; namun, banyak yang menyimpang dari mandat mereka dan akibatnya benar-benar merugikan rakyat Amerika”

RUU FSGG telah dikenalkan sejak 13 Juli yang bertujuan untuk mengurangi pendanaan untuk berbagai lembaga pemerintah, termasuk SEC. Rancangan ini muncul sebagai respons terhadap kekhawatiran mengenai pelanggaran peraturan dan tuntutan keuangan yang tidak semestinya terhadap pemerintah.

Baca juga: SEC Cabut Tuntutan ke CEO Ripple, Harga XRP Terbang

Gary Gensler Didesak Mundur oleh Anggota Legislatif

RUU yang ingin menindak tegas SEC ini bukan hal yang baru, sebelumnya pada Juni 2023, Warren Davidson dan Tom Emmer, anggota legislatif AS, memperkenalkan Undang-Undang Stabilisasi SEC.

Undang-undang tersebut berupaya untuk mencopot Gensler sebagai ketua dan mendistribusikan kembali yurisdiksi badan tersebut. Untuk mencapai keterwakilan yang setara, RUU tersebut mengusulkan pembentukan peran direktur eksekutif dan penambahan komisaris keenam.

Jika disahkan, RUU tersebut akan memecat Gensler dan mendistribusikan kembali kekuasaan badan tersebut antara ketua dan komisaris SEC. Hal ini juga akan menciptakan posisi direktur eksekutif dan menambah komisaris keenam pada badan tersebut untuk mencegah satu partai politik memegang kekuasaan mayoritas.

Davidson dan Emmer telah lama menjadi kritikus vokal terhadap SEC yang dipimpin Gensler, dengan Emmer mengecam Gensler sebagai “regulator yang beritikad buruk” dan menuduhnya menyemprot komunitas kripto dengan tindakan penegakan hukum dan mengabaikan aktor yang benar-benar jahat.

Baca juga: SEC Bakal Makin Galak Awasi Industri Kripto Tahun 2024


Kesimpulannya, usulan amandemen untuk memotong gaji Ketua SEC menjadi US$1 per tahun dan RUU FSGG mencerminkan ketidakpuasan yang signifikan di kalangan anggota parlemen terhadap SEC.

Proposal ini tidak hanya bertujuan untuk menyatakan ketidaksetujuan secara simbolis tetapi juga untuk merestrukturisasi pendekatan SEC terhadap regulasi keuangan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.