Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Altcoins · 5 min read

SEC Cabut Tuntutan ke CEO Ripple, Harga XRP Terbang

Ripple (XRP) vs SEC

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) resmi membatalkan gugatannya kepada eksekutif Ripple, Brad Garlinghouse (CEO) dan Chris Larsen (Executive Chairman), Kamis (19/10/) waktu setempat. Usai kabar ini, harga XRP langsung melesat naik lebih dari 8% dalam 24 jam terakhir. 


Dalam sebuah dokumen yang dikirim ke hakim distrik New York, Analisa Torres pleh Jorge Tenreiro, anggota dewan penegakan SEC, mengatakan bahwa regulator (SEC) secara sukarela tidak melanjutkan tuntutannya pada Garlinghouse dan Larsen.  

Dalam dokumen tersebut, perwakilan SEC mengatakan bahwa regulator dan pejabat Ripple bermaksud untuk “bertemu dan berunding mengenai kemungkinan jadwal pengarahan. SEC meminta waktu hingga 9 November untuk mengusulkan tanggal pertemuan ini ke pengadilan.

Gambar: Surat SEC kepada hakim Torres.

Menanggapi hal ini, Chief Legal Officer Ripple, Stuart Alderoty mengatakan di akun X, bahwa SEC yang membatalkan gugatan bukanlah penyelesaian, melainkan penyerahan. 

“SEC membuat kesalahan serius dengan mengejar Brad & Chris secara pribadi dan sekarang, mereka menyerah, membatalkan semua tuduhan terhadap eksekutif kami. Ini bukanlah penyelesaian. Ini adalah penyerahan SEC,” ungkap Alderoty. 

Penghentian tuntutan atas eksekutif Ripple ini menjadi kemenangan perusahaan tersebut untuk ketiga kalinya atas SEC. Garlinghouse dan Larsen pertama kali didakwa pada akhir tahun 2020, bersama dengan Ripple, karena diduga melanggar undang-undang sekuritas dengan menawarkan dan mendistribusikan mata uang kripto XRP. 

Pada bulan Juli, hakim federal memutuskan bahwa token XRP “belum tentu merupakan sekuritas,” dan bahwa penjualan terprogram XRP Ripple di bursa bukanlah penawaran sekuritas, yang merupakan kemenangan besar bagi perusahaan kripto.

Awal bulan ini, SEC juga  gagal meyakinkan hakim yang sama bahwa keputusan tersebut harus dibatalkan sebelum keputusan akhir dimasukkan dalam kasus tersebut pada musim semi mendatang.

“Kami menantikannya bab ini ditutup untuk selamanya, sekarang SEC telah menutup tirai sandiwara absurd mereka terhadap Chris dan saya,” kata Garlinghouse. 

Kabar kemenangan Ripple ini pun direspon baik oleh harga XRP yang naik lebih dari 8% dan saat ini diperdagangkan di level harga US$0,5 dengan kapitalisasi pasar yang naik dari US$25 miliar ke US$28 miliar dalam 24 jam terakhir. 

Baca juga: Harga XRP Mulai Melandai, Begini Potensi Harga Selanjutnya

Bukan Akhir dari Kasus SEC Vs Ripple? 

Kendati tuntutan terhadap eksekutif Ripple dibatalkan namun masih ada peluang untuk SEC melanjutkan banding atas keputusan pengadilan tentang XRP yang bukan sekuritas.

Hal tersebut dikarenakan, hakim Torres, sempat menjelaskan SEC harus menunggu hingga persidangan selesai jika ingin mengajukan banding. Apabila hal ini benar terjadi, maka kasus Ripple vs SEC belum selesai seluruhnya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.