Berita Blockchain · 8 min read

Franklin Templeton Hadirkan Dana Tokenisasi di Arbitrum

Airdrop Arbitrum

Franklin Templeton, salah satu manajer aset global terkemuka, telah meluncurkan dana pasar uang berbasis blockchain, Franklin OnChain US Government Money Fund (FOBXX), di jaringan Layer-2 Ethereum, Arbitrum. 

FOBXX adalah dana yang menginvestasikan setidaknya 99,5% dari total asetnya dalam sekuritas pemerintah AS, uang tunai, dan perjanjian pembelian kembali yang dijaminkan sepenuhnya oleh pemerintah AS,” menurut situs web penerbitnya.

Dana ini bertujuan untuk menawarkan pengembalian yang relatif tinggi kepada investor institusional dan ritel dengan berinvestasi dalam sekuritas pemerintah dan instrumen terkait.

FOBXX sebelumnya diluncurkan di Stellar dan kemudian diperluas ke Polygon, kini hadir di Arbitrum. Ekspansi ini bertujuan untuk mempermudah akses bagi investor ritel dan institusi. Pada 31 Juli 2024, FOBXX mengelola sekitar US$420 juta dalam aset.

Menurut laporan di forum Arbitrum Foundation, Franklin Templeton pertama kali mengajukan aplikasi tersebut pada bulan Mei. Perusahaan tersebut berupaya mendapatkan tempat di Arbitrum Stable Treasury Endowment Program (STEP).

Tujuan manajer aset tersebut adalah untuk meningkatkan integrasi TradFi ke dalam DeFi, sehingga perusahaan tersebut berencana untuk menambah lebih banyak jaringan di masa mendatang.

Baca juga: Franklin Templeton Kaji Peluang Dana Kripto Khusus Altcoin 

Alasan Pemilihan Arbitrum

Kepala aset digital Franklin Templeton Roger Bayston dilansir dari Decrypt, menjelaskan alasan pemilihan Arbitrum untuk FOBXX.

Ia mengatakan, “Pemilihan Arbitrum ini disebabkan beberapa faktor. Seperti biaya penggunaan jaringan [dan] ketahanan dan skalabilitas jaringan adalah semua. Faktor yang kami pertimbangkan ketika kami membangun infrastruktur dompet [FOBXX] ke dalam berbagai ekosistem blockchain.”

Melalu integrasi ini, investor dapat mengakses FOBXX melalui aplikasi mobile Benji Investments dan portal web Benji Institutional. Pembaruan terbaru memungkinkan perdagangan peer-to-peer, memungkinkan investor mentransfer saham FOBXX secara langsung di blockchain publik.

Baca juga: BUIDL BlackRock Cetak Rekor, Market Cap Sentuh Rp8,1 Triliun

Peluncuran FOBXX datang pada saat permintaan terhadap dana tokenisasi sedang melonjak. Pasar treasuri tokenisasi telah lebih dari dua kali lipat menjadi US$1,8 miliar pada paruh pertama 2024, menunjukkan minat yang besar terhadap instrumen keuangan ini. Peluncuran dana tokenisasi BlackRock, ‘BUIDL’, di Ethereum juga menegaskan pertumbuhan pesat segmen pasar ini.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.