FOMO Hard Fork, ADA Diprediksi Koreksi 20%

Naufal Muhammad

22nd July, 2022

Cardano (ADA) akan segera meluncurkan hard fork di akhir Juli 2022 ini yang seharusnya menjadi kabar positif untuk harga koinnya. 

Tapi sayangnya terdapat satu analisis yang menyatakan bahwa peluncuran hard fork ini dapat berdampak negatif pada harga akibat adanya potensi pergerakan buy the rumor sell the news di awal Agustus 2022. 

ADA Diprediksi Turun 20% Awal Agustus 2022

Analis dari Cointelegraph menyatakan bahwa saat ini ADA diprediksi akan mengalami koreksi signifikan akibat adanya potensi but the rumor sell the news. 

Pergerakan tersebut adalah saat dimana harga sebuah aset naik bersama publikasi rencana kabar positif namun turun saat kabar tersebut telah terjadi. 

Analisis ini diberikan berdasarkan pandangan bahwa mendekati hard fork, harga ADA sudah mulai bergerak turun, sehingga membuka jalan untuk koreksi lanjutan. 

ADA telah bergerak turun sekitar 5% hingga saat ini dari 20 Juli 2022 yang menurut analis tersebut menjadi alasan potensi koreksi bersama dengan harganya yang telah melewati batas bawah yang dibentuk dengan garis EMA 50 Hari. 

FOMO Hard Fork, ADA Diprediksi Koreksi 20%
Grafik Analis Cointelegraph Pergerakan ADAUSD Harian

Analis ini juga menggabungkan pandangan bahwa saat ini terdapat pergerakan harga yang menurun, menambah narasi adanya kemungkinan koreksi sekitar 20% hingga 35% untuk ADA. 

Terdapat pandangan serupa yang dibuat oleh salah satu akun analisis di Tradingview bernama TradingShot yang menyatakan bahwa ADA dapat koreksi lebih rendah bahkan mencapai lebih dari 40%. 

Analisis ini membandingkan antara pergerakan ADA saat ini dan pada saat koreksi pasar di 2018. 

FOMO Hard Fork, ADA Diprediksi Koreksi 20%
Perbandingan ADA 2018 dan 2022 dari Cointelegraph

Pada 2018, terjadi beberapa koreksi signifikan yang membuat total penurunan harga sebesar 93% dari harga tertingginya. Jika bergerak sama, maka ada kemungkinan ADA akan koreksi hingga $0.2 atau sekitar 60% menurutnya. 

Hingga saat ini masih banyak yang meragukan analisis ini karena merasa bahwa analisisnya tidak menambahkan fakta bahwa harga ADA sudah turun drastis dari harga tertingginya di 2021. 

Jika melihat dari harga tertingginya, untuk saat ini ADA sudah koreksi lebih dari 90% yang membuat kemungkinan besar saat ini ADA sudah bergerak di harga terendahnya. 

Pandangan positif ini juga didukung oleh salah satu analis crypto ternama di dunia Twitter yaitu Lark Davis yang menyatakan bahwa setelah hard fork, ADA akan memiliki potensi apresiasi signifikan. 

FOMO Hard Fork, ADA Diprediksi Koreksi 20%
Pergerakan ADA Setelah Hard Fork dari Cointelegraph

Tapi tidak ada yang pasti, karena melihat sejarah ADA, saat terjadi hard fork, umumnya akan terjadi koreksi signifikan seperti yang terlihat pada hard fork sebelum-sebelumnya. 

Hard Fork Masih Ditunggu

Untuk saat ini terlihat belum ada kabar lanjutan mengenai hard fork yang akan dilaksanakan oleh Cardano. 

Kabar terakhir yang diberikan adalah pada 22 Juni 2022 dimana pada saat itu perusahaan IOHK membuat publikasi terkait hard fork. 

Dalam publikasi tersebut terlihat bahwa untuk saat ini developer sedang mengurus beberapa masalah kecil agar peluncuran lebih aman pada Juli 2022. 

Setelah publikasi tersebut belum ada kabar terbaru lagi terutama kapan tanggal peluncuran hard fork ini. 

Kabar waktu publikasi terakhir adalah pada akhir Juli 2022, jadi kemungkinan besar investor harus menunggu hingga 31 Juli 2022 untuk peluncuran hard fork. 

Ketidakpastian ini dapat membuat keresahan untuk investor. Kondisi ini dapat mendorong harga ADA lebih turun terutama melihat harganya saat ini yang sudah bergerak turun. 

Hard fork ini diprediksi akan membuat jaringan ADA lebih cepat dan mengundang lebih banyak developer ke dalam ekosistemnya. 

Baca juga: Cardano Tunda Hard Fork! Diluncurkan Bulan Depan

Jika semakin banyak proyek baru yang dibentuk dalam ekosistem Cardano maka kemungkinan besar harga ADA akan meningkat. 

Hal ini disebabkan ADA akan dibeli untuk biaya transaksi serta alat tukar dalam aplikasi tersebut sehingga membuat permintaannya naik dalam jumlah persediaannya yang langka. 

Kondisi ini dapat membawa sentimen positif dalam jangka panjang namun investor harus bersabar hingga adanya kepastian dari proyek baru yang datang serta kelancaran hard fork baru ini. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.