Exotic Market, Proyek Menarik Saat Market DeFi Tengah Lesu

Anisa Giovanny

15th March, 2022

TVL (nilai total terkunci) dalam protokol DeFi tumbuh secara eksponensial dari pertengahan 2020 hingga pertengahan 2021 menjadi lebih dari $100 miliar, tetapi pertumbuhannya terhenti.

Bagi investor yang menaruh uangnya ke berbagai platform hal ini sedikit mengkhawatirkan, sebab awalnya banyak proyek DeFi bisa menjanjikan pengembalian tinggi namun sekarang mulai menurun.

Total Nilai Terkunci DeFi. Sumber: DeFiPulse
Total Nilai Terkunci DeFi. Sumber: DeFiPulse

Dalam jangka panjang investor akan butuh platform yang mampu bertahan dengan produk investasi unggulan di DeFi.

Untungnya DeFi terus berkembang dengan proyek-proyek inovatif yang mampu mengelola risiko, imbalan, dan mengombinasikan alat keuangan tradisional seperti derivatif, opsi, dan swap.

Salah satu proyek yang menarik diperhatikan di tengah market sedang lesu adalah Exotic Market.

Apa Itu Exotic Market

Exotic Markets adalah platform DeFi yang dibangun di atas Solana Blockchain yang bertujuan untuk menawarkan rangkaian produk terstruktur paling fleksibel di pasar.

Protokol ini menyediakan beberapa strategi dan hasil yang berbeda untuk rentang token, yang memungkinkan investor untuk melakukan lindung nilai, mendapatkan hasil, dan mengekspresikan pandangan terarah.

Baca juga: Mengenal Exotic Market, Produk Terstruktur di DeFi

Keunggulan Exotic Market

Keunggulan yang diberikan oleh platform ini adalah produk terstruktur yang dapat didefinisikan sebagai produk investasi yang biasanya mencakup aset yang terkait dengan bunga ditambah satu atau lebih derivatif.

Produk terstruktur dapat dikaitkan dengan aset dasar, atau sekeranjang sekuritas, dan dirancang untuk memfasilitasi tujuan pengembalian risiko yang sangat disesuaikan.

Dengan demikian, produk terstruktur menawarkan investor ritel akses mudah ke derivatif dengan daya tarik utama adalah kemampuan untuk mengemas berbagai asumsi ke dalam satu instrumen.

Produk Terstruktur di DeFi menawarkan peluang unik, di mana kontrak cerdas meniadakan masalah penggunaan bank investasi tradisional.

Exotic Markets berfokus untuk menciptakan produk terstruktur crypto-native di DeFi, dengan membangun produk baru di SOLANA yang dapat membantu investor mencapai profil pengembalian risiko yang unggul.

Produk Exotic Market

Akan ada dua jenis produk di Exotic Markets: Vaults dan Single Products, yaitu:

Vault

Vault akan berinteraksi dengan kumpulan aset dan menjalankan strategi otomatis yang dirancang untuk meniru hasil tertentu. Saat ini, bentuk paling umum dari vault terkelola dalam produk terstruktur adalah covering call.

Exotic Markets akan berinovasi di ruang ini dengan menawarkan aset dasar baru, seperti SRM, RAY dan MNGO, dan strategi untuk meningkatkan pengembalian.

Apa pun jenis vault yang digunakan, Exotic Markets akan mendapatkan likuiditas opsi sebagian dari protokol lain seperti Zeta tetapi juga rekanan lainnya termasuk Exotics Markets Trading Desk.

Produk Tunggal

Produk kedua adalah produk tunggal yang memungkinkan pembeli dan penjual produk terstruktur untuk berinteraksi secara bebas di platform yang terbuka dan transparan.

Akan ada periode berlangganan, di mana investor akan dapat mengambil posisi panjang atau pendek pada aset, sementara imbal hasil akan menyeimbangkan penawaran dan permintaan.

Kisaran kemungkinan imbalan akan sangat besar dan Exotic Markets bermaksud memberikan solusi fleksibel untuk durasi, aset yang ingin dimiliki, dan strategi opsi.

Selain itu, pasar sekunder yang aktif akan menyediakan likuiditas dan memungkinkan investor untuk menghentikan partisipasi sebelum jatuh tempo.

Exotic Market pun memilki token tata kelola sendiri yang bernama EXO dan bekerja di jaringan Ethereum, dengan pasokan maksimum 10 juta token.

Token tersebut bisa digunakan untuk staking, pengurangan biaya, tata kelola DAO, dan prdouk lainnya.

Exotic akan mengadopsi struktur tata kelola DAO beberapa bulan setelah listing. Ini akan memungkinkan komunitas untuk memutuskan keputusan penting di platform, seperti produk baru.

Produk terstruktur menawarkan peluang tanpa batas dan DAO akan dapat memilih produk mana yang akan ditambahkan ke platform.

Exotic Markets akan membantu investor individu untuk mendapatkan eksposur ke strategi derivatif yang kompleks dalam solusi satu tempat yang sederhana.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency