Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Ethereum Tembus $1.000, Diduga Cerminan dari Bitcoin

Naufal Muhammad     Monday, January 4 2021

Ethereum tembus $1.000 pertama kali sejak 2018 setelah harganya naik sekitar 41% dalam tiga hari. Namun, banyak pihak yang masih bertanya apakah apresiasi akibat faktor internal atau akibat Bitcoin. Saat ini harga Ethereum terpantau naik hingga ke $1.500 setara dengan dua puluh juta Rupiah!

Ethereum Tembus $1.000 Mendekati ATH

Walau apresiasi terjadi bersama dengan Bitcoin yang naik hingga $34.000 dan membentuk ATH, banyak pihak yang bertanya apakah ada hubungan antara kedua aset ini. Hal ini disebabkan adanya kemungkinan bahwa apresiasi terjadi akibat faktor internal dan bukan pengaruh Bitcoin.

Mayoritas analis memiliki dua perspektif yang berbeda dalam apresiasi yang terjadi terhadap Ethereum dalam tiga hari terakhir. Ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa apresiasi ini terjadi akibat inovasi internal dari Ethereum.

Baca juga: Mau Staking Ethereum? Perhatikan dulu 5 Hal Ini

Inovasi ini datang dari sistem yang sedang dibangun pada Ethereum yang masih terus dikembangkan dan juga adanya Ethereum 2.0. Hal ini disebabkan inovasi ini dapat memberikan sentimen positif kepada Ethereum terutama akibat adanya inovasi dalam metode proof of stake dalam jaringan Ethereum 2.0.

Akibatnya hal ini memberikan sentimen terhadap Ethereum mengingat ETH adalah koin kepala dari seluruh jaringan Ethereum. Sehingga ketertarikan mulai terus meningkat yang membuat harganya juga terus naik.

Persepsi Sentimen Bitcoin

Tetapi di sisi lain terdapat beberapa analis yang menyatakan bahwa apresiasi saat ini hanyalah cerminan atau efek dari apresiasi Bitcoin. Hal ini disebabkan pada umumnya jika Bitcoin mengalami apresiasi, mayoritas altcoins, termasuk Ethereum, mengalami apresiasi.

Baca juga: Ikutan Bitcoin, Ethereum Capai Harga Tertinggi 2020!

Dapat dilihat bahwa beberapa hari terakhir Bitcoin terus menciptakan harga tertinggi baru atau ATH yang nampaknya masih akan berlanjut. Saat ini Bitcoin sedang menghadapi rintangan di daerah $34.000 yang kemungkinan jika berhasil ditembus dapat membawa harganya ke $35.000 yang merupakan ATH baru.

Walau sebelumnya mengalami sedikit jeda, altcoins saat ini terlihat terus naik yang beberapa analis sebut akibat dari Bitcoin. Ethereum sendiri mengalami apresiasi menembus $1.000 yang sebelumnya pernah terjadi hanya di 2018.

Altcoins Lain Ikut Naik

Apresiasi ini terjadi dalam tiga hari terakhir yang juga terlihat terjadi bersama beberapa altcoins lainnya. Hal ini disebabkan memang umumnya Bitcoin menjadi cerminan bagi keseluruhan pasar crypto.

Sehingga, jika Bitcoin naik dan sudah mulai berkonsolidasi akibat kejenuhan, mayoritas investor akan beralih ke altcoins. Asumsi ini dapat menjadi alasan mengapa Ethereum dan altcoins lainnya terus naik.

Baca juga: Michaël van de Poppe: Bitcoin Berpotensi Mengangkat Altcoins

Contoh apresiasi altcoins terlihat pada beberapa koin seperti Litecoin dan Maker yang naik sekitar 10%, Dogecoin yang naik sekitar 70%, dan Vechain yang naik 20%. Kemungkinan besar jika Bitcoin terus naik dampaknya akan sangat positif untuk altcoins.

Sehingga kemungkinan besar Ethereum masih memiliki peluang untuk terus naik akibat masih kuatnya sentimen terhadap pasar crypto di 2021. Kemungkinan tujuan selanjutnya bagi ETH adalah harga tertingginya sepanjang masa yaitu pada $1.432.

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini