Berita Bitcoin · 8 min read

ETF Bitcoin Spot Masuki Babak Baru, Ini yang Perlu Diketahui

Bitcoin ETF Spot

ETF Bitcoin spot resmi disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) pada 10 Januari 2024 waktu Amerika Serikat.

SEC telah menyetujui permohonan 19b-4 dari ARK 21Shares, Invesco Galaxy, VanEck, WisdomTree, Fidelity, Valkyrie, BlackRock, Grayscale, Bitwise, Hashdex, dan Franklin Templeton. 

Persetujuan ini menurut CO-CEO Reku, Jesse Choi memberikan dampak positif bagi industri kripto dan semakin memudahkan akses berinvestasi bagi investor institusional dan ritel.

Usai persetujuan ini ETF Bitcoin spot akan memasuki babak baru. Apa saja itu? Simak di sini. 

Perdagangan Pertama ETF Bitcoin Spot Segera Dimulai

Analis Blomberg, James Seyffart, memperkirakan ETF akan mulai diperdagangkan pada 11 Januari waktu Amerika Serikat. Hal senada juga diungkapkan oleh Anthony Rousseau, kepala solusi pialang di platform perdagangan multi-aset TradeStation.

Mengutip dari The Block, ia menyatakan bahwa saat ini perhatian akan tertuju pada kemungkinan arus masuk dalam 24 jam sampai 48 jam pertama usai perdagangan ETF Bitcoin spot dibuka di CBOE, Nasdaq, dan NYSE.

“Lembaga keuangan memiliki lebih dariUS$100 triliun aset yang dikelola, dan sebagian dari dana tersebut dapat dialokasikan ke Bitcoin,” kata Rousseau.

Proses alokasi ini kemungkinan akan berlangsung dalam beberapa bulan ke depan karena institusi perlu mengikuti proses dan melakukan navigasi mendalam untuk memasukan Bitcoin ke dalam strategi investasi mereka.

VanEck sebelumnya memperkirakan bahwa sekitar US$2,4 miliar akan mengalir ke produk spot Bitcoin pada kuartal pertama tahun 2024.

Melihat gambaran yang lebih besar, dana investasi kripto Bitwise memperkirakan bahwa ETF Bitcoin akan menjadi produk ETF “paling sukses” yang pernah diluncurkan dan dapat menghasilkan aset yang dikelola senilai US$72 miliar dalam waktu lima tahun.

Penasihat VanEck, Gabor Gurbacs, berpendapat bahwa masa-masa awal ETF Bitcoin kemungkinan besar akan dianggap sebagai “kekecewaan” tetapi dapat mendatangkan modal baru senilai triliunan dolar ke dalam industri dalam jangka panjang.

Baca juga: ETF Bitcoin Spot Resmi Disetujui SEC Amerika Serikat!

Perang Harga ETF Bitcoin Spot

Gambar: Tabel biaya untuk ETF Bitcoin.

Perang harga untuk biaya pembelian ETF Bitcoin spot juga akan berlangsung untuk menggaet lebih banyak investor.  Misalnya, ETF Bitcoin Spot 21Shares dari ARK Invest milik Cathie Wood, awalnya mengumumkan biaya sebesar 0,8% tetapi diubah menjadi tidak ada biaya untuk enam bulan pertama.

Emiten lain seperti Bitwise dan Invesco juga menawarkan biaya 0% untuk enam bulan pertama, sementara Grayscale mengenakan biaya 1,5%. BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, akan mengenakan biaya 0,12% untuk 12 bulan pertama.

Baca juga: ETF Spot Disetujui, Dominasi Bitcoin Justru Turun

ETF Spot Aset Kripto Lain

Persetujuan ini juga membawa angin segar bagi potensi ETF spot bagi aset kripto lain seperti ETH, XRP, dan lain sebagainya. Perusahaan-perusahaan besar, seperti Fidelity dan BlackRock, juga telah mengajukan permohonan spot Ethereum ETF selama beberapa bulan terakhir.

Sebulan sebelumnya, ETF ETH berjangka diluncurkan, menandai ETF pertama yang diluncurkan berdasarkan eter berjangka dan dua tahun setelah peluncuran ETF bitcoin berjangka pertama.

Baca juga: 3 Dampak Jika ETF Bitcoin Spot Disetujui oleh SEC

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.