Berita Bitcoin · 6 min read

ETF Bitcoin Spot Resmi Disetujui SEC Amerika Serikat!

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) telah secara resmi menyetujui ETF Bitcoin spot pertama yang diatur di Amerika Serikat pada 10 Januari 2024 waktu Amerika Serikat.

Gambar: Dokumen persetujuan ETF Bitcoin spot SEC. Sumber: SEC.gov.

SEC telah menyetujui permohonan 19b-4 dari ARK 21Shares, Invesco Galaxy, VanEck, WisdomTree, Fidelity, Valkyrie, BlackRock, Grayscale, Bitwise, Hashdex, dan Franklin Templeton.

Dalam keterangannya, Ketua SEC, Gary Gensler menyatakan, “Meskipun kami menyetujui pencatatan dan perdagangan saham spot Bitcoin ETP tertentu hari ini, kami tidak menyetujui atau mendukung Bitcoin,” tulis Gensler.

Gambar: Pernyataan Gary Gensler. Sumber: Sec.gov

Dia menambahkan bahwa regulator tetap “netral” dan tidak mengambil pandangan terhadap perusahaan, investasi, atau aset tertentu yang mendasari produk yang diperdagangkan di bursa.

Gensler juga mengingatkan investor agar tetap hati-hati terhadap Bitcoin yang nilainya terkait dengan kripto.

Usai ETF BTC spot disetujui maka perdagangan produk tersebut dapat dilakukan di bursa terkait. Diperkirakan perdagangan dapat dimulai pada 11 Januari 2024 waktu Amerika Serikat.

BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, akan mengenakan biaya 0,12% dalam enam bulan pertama dan selanjutnya akan menjadi 0.25%. Bitwise dan Ark 21Shares akan mengenakan biaya 0,0% untuk enam bulan pertama dan selanjutnya menjadi 0,20%, VanEck mengenakan biaya 0,20%, dan Grayscale mengenakan biaya sebesar 1,5%.

Baca juga: 3 Dampak Jika ETF Bitcoin Spot Disetujui oleh SEC

Harga Bitcoin Terdorong Naik

Harga Bitcoin sempat naik ke level US$47.890 sekitar pukul 06.00 WIB, kurang lebih dua jam usai pengumuman persetujuan ETF Bitcoin spot dipublikasi. Saat artikel ini dirilis harga Bitcoin tengah koreksi dan diperdagangkan di angka US$46.600.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.