Dituduh Bentuk Skema Ponzi Dogecoin, Elon Musk Dituntut Miliuner Amerika

Naufal Muhammad

17th June, 2022

Elon Musk dikabarkan dituntut oleh salah satu Miliuner di Amerika terkait perannya dalam manipulasi harga Dogecoin (DOGE).

Menurut Keith Johnson, penuntut Elon Musk, Manipulasi harga DOGE terjadi akibat Musk membuat semacam skema ponzi agar membeli DOGE. 

Elon Musk Dituntut Miliuner Amerika

Keith Johnson menuntut Elon Musk atas dasar manipulasi harga DOGE karena adanya skema ponzi yang dilakukan agar menarik perhatian investor crypto baru. 

Dikabarkan bahwa tuntutan ini bernilai sebesar $258 Miliar dan penuntut juga akan menyerang perusahaan Elon Musk yaitu SpaceX dan Tesla.  

Dalam pengadilan di Manhattan, Keith Johnson menyatakan bahwa Elon Musk melakukan promosi terhadap Dogecoin untuk mengambil keuntungan sendiri. 

“(Elon Musk) mengetahui sejak 2019 bahwa Dogecoin tidak memiliki nilai namun tetap mempromosikannya untuk keuntungan pribadi. Ia memanfaatkan kedudukannya sebagai orang terkaya di dunia untuk menggerakan dan memanipulasi skema piramida ponzi Dogecoin untuk keuntungan dan hiburan.” Ujar Keith Johnson. 

Dituntut Bentuk Skema Ponzi Dogecoin, Elon Musk Dituntut Miliuner Amerika
Tuntutan Keith Johnson

Walau memberikan pernyataan ini, penuntut tidak memberikan bukti atau argumen  jelas mengapa Dogecoin tidak memiliki nilai atau bagaimana Elon Musk dapat dianggap melakukan skema piramida ponzi. 

Keith Johnson hanya menuntut atas dasar pernyataan beberapa orang terkaya di dunia lainnya seperti Warren Buffet dan Bill Gates yang mempertanyakan nilai dari crypto tersebut. 

Selain itu dasar dari tuntutan Keith Johnson adalah rasa dicurangi oleh Elon Musk setelah ia membeli Dogecoin. Ia menuduh bahwa Musk mendorong harga DOGE naik untuk keuntungan pribadinya melalui Twitter. 

Rasa kecurangan ini juga muncul karena DOGE telah jatuh drastis dari harganya di Mei 2021 yang juga menjadi dasar tuntutan Johnson di pengadilan. 

Saat ini tujuan utama Johnson adalah mendapatkan kemenangan dalam tuntutan sebesar $258 Miliar dan larangan kepada Elon Musk agar tidak mempromosikan DOGE lagi. 

Terakhir Johnson juga ingin DOGE mengaku bahwa proyeknya adalah sebuah “perjudian” di bawah pengawasan lembaga hukum New York. 

Johnson akan menggunakan bukti-bukti seperti pernyataannya di Saturday Night Live saat Musk mempromosikan DOGE dalam adegannya dan cuitan-cuitannya di Twitter. 

Tuntutan Johnson Lemah

Walau memiliki banyak pernyataan yang menjatuhkan Dogecoin dan Elon Musk, dapat dikatakan bahwa tuntutan yang diberikan Johnson adalah tuntutan yang lemah. 

Terkait Elon Musk, walau terlihat nyata bahwa ia sering mempromosikan DOGE dan mendorong harga naik serta turun melalui cuitannya, tidak ada hubungan langsung antara DOGE dan Musk.

Dalam tuntutannya, Johnson menyatakan bahwa Musk membuat skema ponzi, tapi skema tersebut terimplikasi dari apa yang terjadi dan sulit untuk dibuktikan secara nyata. 

Untuk membuktikan bahwa manipulasinya dilakukan untuk keuntungan pribadi Musk, Johnson harus berhasil mendapatkan riwayat transaksi DOGE dari Elon Musk. 

Meski dapat dilacak melalui blockchain, Musk dapat menyebar transaksi ini ke beberapa wallet atau menggunakan nama orang lain sehingga akan sulit untuk dilacak. 

Kemudian untuk tuntutannya terhadap DOGE yang dianggap tidak memiliki nilai, kemungkinan besar juga akan sulit untuk dibuktikan. 

Hal ini disebabkan Dogecoin yang baru saja meluncurkan roadmap atau rencana proyek di Tahun 2022 awal dimana Dogecoin akan memiliki ekosistem blockchainnya sendiri. 

Dengan adanya blockchain sendiri, maka DOGE dapat dianggap memiliki nilai karena blockchainnya dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data. 

Walaupun begitu, pembelaan ini belum tentu disetujui oleh hakim karena tuntutan Johnson adalah manipulasi sejak 2021 dan pembaruan Dogecoin baru terjadi di 2022.

Elon Musk sendiri masih belum memberi tanggapan mengenai kasus ini sehingga masih membuat investor crypto bertanya-tanya akan kelanjutannya. 

Untuk saat ini sayangnya akibat pasar crypto sedang bergerak negatif, maka DOGE juga sedang jatuh signifikan dan masih bergerak turun.  

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.