Eksekutif Crypto Bimbing Kongres Soal Aset Digital

Rossetti Syarief

9th December, 2021

Rabu 8 Desember 2021, kongres mengadakan sidang pertukaran pendapat bersama enam eksekutif senior dari perusahaan crypto terkemuka.

Sidang diadakan oleh Perwakilan Maxine Waters, Demokrat California yang memimpin komite, sebagai bagian dari upaya untuk memahami aset digital yang berkembang dengan sangat signifikan. 

Sidang tersebut terkenal karena menjadi sidang lain yang secara ekskulusif membahas cryptocurrency di Capitol Hill setelah 13 tahun. 

“Ini adalah sidang cryptocurrency pertama yang dilakukan komite dalam 13 tahun, sejak whitepaper Bitcoin. Tujuan hari ini adalah untuk mendengarkan, belajar, dan mengajukan pertanyaan,” kata Patrick McHenry, salah satu perwakilan dari Republican. 

Oleh karena itu, sebagian besar waktu sidang dihabiskan untuk memberikan anggota parlemen dan panelis kesempatan menyuarakan keprihatinan mereka terhadap bagaimana peraturan di masa depan dapat mengguncang industri crypto.

Apalagi, setelah Amerika Serikat mengeluarkan peraturan ketat akan industri, dikhawatirkan cryptocurrecy yang sedang berkembang saat ini bisa terancam. 

Waters selaku penyelenggara juga sangat menyayangkan kinerja The Fed, yang hingga saat ini tidak memiliki “overarching regulatory framework” yang jelas kepada cryptocurrency.

Sementara itu, perusahaan-perusahaan yang datang sebagai perwakilan antara lain Bitfury, Circle, Coinbase, FTX, Paxos, dan Stellar Development Foundation.

Penjelasan Eksekutif Tentang Manfaat Crypto

Kongres telah mengadakan beberapa pertemuan untuk membahas industri crypto. Pada akhir November, kepala Komite Perbankan Senat A.S. Sherrod Brown mengirim surat kepada CEO stablecoin yang meminta informasi lebih lanjut tentang proses penerbitan dan penukaran mereka.

Karena memang, Stablecoin telah menjadi perhatian yang berkembang bagi regulator Amerika Serikat karena cadangan dan dukungan mereka belum diaudit secara resmi.

Pada awal November, Departemen Keuangan merekomendasikan agar stablecoin tunduk pada pengawasan federal yang tepat dengan regulasi yang selas.

Sementara itu, para eksekutif sering menanggapi dengan menjelaskan manfaat dari cryptocurrency.

Menurut panelis, aset crypto sangat efektif dan efisien karena dapat mengurangi biaya pengiriman uang, memiliki transaksi yang cepat, serta menghilangkan kebutuhan akan central clearinghouses.

“Kami percaya, bahwa dalam waktu dekat dolar di internet akan seefisien dan tersedia secara luas seperti pesan teks dan email. Itulah konsep dari mata uang crypto termasuk stablecoin di masa depan.” kata Jeremy Allaire, CEO Circle, yang menerbitkan stablecoin utama.

Mereka juga mencatat bahwa keuangan terdesentralisasi dapat membantu mengurangi faktor risiko seperti keserakahan oknum, kelalaian, bahkan bias dalam sistem keuangan.

Sementara itu, cryptocurrency kembali menjadi agenda di Kongres lagi minggu depan.

Baca Juga: The Fed Jabarkan Roadmap 2022, Tren Bitcoin Diprediksi Berubah!

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.