Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Exchange · 6 min read

Partai Demokrat Kembalikan Donasi Politik SBF Senilai Rp153 Miliar

donasi politik sbf

Beberapa organisasi politik Partai Demokrat telah mengumumkan akan mengembalikan dana sumbangan sebesar US$9,85 juta (Rp153 miliar) dari Sam Bankman-Fried (SBF) pendiri FTX.

Beberapa dana yang akan dikembalikan, di antaranya adalah sebagai berikut:

The pro-Democratic Senate Majority PAC berencana untuk mengembalikan dana sumbangan sebesar US$3 juta (Rp46 miliar), yaitu US$1 juta (Rp15,6 miliar) dari mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried dan US$2 juta (Rp31 miliar)mantan kepala teknik FTX Nishad Singh.

“Menyusul tuduhan serius terhadap FTX, Senate Majority PAC akan mengembalikan dana tersebut setelah kami menerima arahan yang tepat dari pejabat penegak hukum federal berdasarkan proses hukum mereka,” sebuah kata juru bicara PAC dalam sebuah pernyataan.

House Majority PAC juga akan mengembalikan US$S6 juta (Rp93 miliar) dana sumbangangan politik dari SBF.

The Democratic National Committee, Democratic Senatorial Campaign Committee and the Democratic Congressional Campaign Committee  mengumumkan untuk mengembalikan dana lebih dari US$1 juta (Rp15,6 miliar) yang telah diterima secara kolektif sejak 2020 dari SBF.

Presiden AS Joe Biden, saat kampanye kepresidenannya tahun 2020 lalu juga menerima sumbangan US$5,2 juta (Rp81 miliar) dari SBF, namun sejauh ini ia belum menanggapi dana sumbangan tersebut apakah dikembalikan atau tidak.

Baca juga: Ada Apa dengan FTX? Ini Kronologi dari Awal Hingga Akhir!

Sam Bankman-Fried Donasikan 726 Miliar untuk Kampanye Politik  

Berdasarkan laporan nirlaba OpenSecrets.org, SBF telah menyumbangkan sekitar US$46,5 juta (Rp726 miliar) selama dua tahun terakhir.

Daftar sumbangan SBF ke Partai Demokrat
Daftar sumbangan SBF ke Partai Demokrat
Daftar sumbangan SBF ke Partai Demokrat
Daftar sumbangan SBF ke Partai Demokrat
  • OpenSecrets mengklaim bahwa Protect Our Future menerima dana sebesar US$27 juta (Rp421 miliar) dari FTX.
  • House Majority PAC juga mendapatkan dana sumbangan senilai US$6 juta (Rp93 miliar).
  • America United mendapatkan dana sumbangan senilai US$1,3 juta (Rp20 miliar).
  • Senate Majority PAC mendapatkan dana sumbangan senilai US$1 juta (Rp15,6 miliar).
  • Kandidat politik Texas, Beto O’Rourke mendapatkan dana sumbangan senilai US$1 juta (Rp15,6 miliar).
  • Organisasi politik kripto GMI PAC mendapatkan dana sumbangan senilai US$2 juta (Rp31 miliar).
  • Senat Mayoritas PAC menerima tambahan dana sumbangan senilai US$2 juta (Rp31 miliar).

Meskipun mayoritas sumbangan dana diberikan kepada Demokrat, namun Sam Bankman-Fried dalam wawancara pada November menyiratkan bahwa Partai Republik telah menerima jumlah yang kira-kira sama dalam sumbangan dana melansir dari Cointelegraph

Sementara, ketika jaksa federal medakwa SBF dengan delapan dakwaan, terdapat salah satu dakwaan yang menjelaskan bahwa SBF melanggar undang-undang keuangan kampanye federal dengan menyalahgunakan dana pelanggan FTX.

Baca Juga: 8 Dakwaan yang Diberikan Pada Sam Bankman-Fried

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.