Berita Exchange · 8 min read

8 Dakwaan yang Diberikan Pada Sam Bankman-Fried

Dakwaan yang Diberikan SBF

Setelah spekulasi berminggu-minggu, mantan CEO dan pendiri FTX Sam Bankman-Fried, telah secara resmi ditangkap oleh otoritas Bahama.

Surat dakwaan untuk pria berusia 30 tahun itu juga telah dibuka pada 13 Desember waktu setempat, dalam surat itu hanya nama SBF yang disebutkan, meskipun itu juga merujuk pada “individu yang dikenal dan tidak dikenal”.

Surat dakwaan ditandatangani oleh Jaksa AS untuk Distrik Selatan New York Damian Williams, setebal 14 halaman dan berisi delapan dakwaan, yaitu. 

  1. Konspirasi untuk melakukan penipuan pada dana pelanggan (wire fraud on customers).
  2. Penipuan dana pelanggan (wire fraud on customers).
  3. Konspirasi untuk melakukan penipuan pada pemberi pinjaman (wire fraud on lenders).
  4. Penipuan pada pemberi pinjaman (wire fraud on lenders).
  5. Konspirasi untuk melakukan penipuan komoditas.
  6. Konspirasi untuk melakukan penipuan sekuritas.
  7. Konspirasi untuk melakukan pencucian uang.
  8. Konspirasi untuk menipu Amerika Serikat dan melanggar Undang-Undang Dana Kampanye.

Sebagai hasil dari empat hitungan pertama dan ketujuh, SBF diharuskan untuk menyita “setiap dan semua harta benda, nyata dan pribadi, yang merupakan atau berasal dari hasil yang dapat ditelusuri ke pelaksanaan pelanggaran tersebut.”

Jika itu tidak memungkinkan, Amerika Serikat akan “mencari penyitaan properti lain apa pun dari tergugat hingga nilai properti yang dapat disita di atas.”

Selain dakwaan SEC dan NY Southern District Court, CFTC juga mengajukan dakwaan terhadap SBF, Alameda Research, dan FTX atas “penipuan dan misrepresentasi material sehubungan dengan penjualan komoditas digital”.

Jika terbukti bersalah atas penipuan dana saja, Bankman-Fried menghadapi hukuman dua puluh tahun penjara federal.

Komite Jasa Keuangan DPR telah memulai penyelidikan atas runtuhnya FTX, dengan kesaksian CEO saat ini. Bankman-Fried muncul pagi ini di depan Kepala Hakim Joyann Ferguson-Pratt di Nassau, di mana dia mengatakan kepada hakim bahwa dia belum sempat berbicara dengan pengacaranya. 

Secara terpisah, anggota Kongres juga telah memanggil ketua SEC Gary Gensler untuk bersaksi tentang penanganan dan kegagalan Komisi Keamanan dan Pertukaran untuk mencegah keruntuhan bersejarah pertukaran kripto FTX. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.