Dogecoin Naik 18% dalam Sehari, Elon Musk Pump and Dump?

Naufal Muhammad

20th June, 2022

Walau pasar crypto secara menyeluruh sedang bergerak negatif, Dogecoin (DOGE) terlihat masih memiliki harapan. 

Hanya dalam satu hari, DOGE berhasil naik 18% setelah adanya cuitan dari Elon Musk terkait dukungannya terhadap proyek ini. 

Dogecoin Naik 18% karena Elon Musk

Pasar crypto secara garis besar sedang bergerak negatif, namun, Hari Minggu pekan lalu, terdapat pergerakan positif dari mayoritas crypto. 

Diantara yang bergerak positif adalah Dogecoin yang naik hingga 18% hanya dalam sehari. 

Apresiasi harga ini terjadi setelah Elon Musk, CEO Tesla dan pendukung besar Dogecoin menyatakan ia akan terus mendukung DOGE walau dalam kondisi pasar negatif. 

Cuitan ini dipublikasi pada Minggu 19 Juni 2022 yang membuat adanya reaksi positif dari para investor DOGE. 

Efek dari Elon Musk terhadap Dogecoin masih bertahan sejak Tahun 2021 dimana saat ia memberi cuitan positif, maka harganya akan naik. 

Hal ini disebabkan asumsi kekayaannya yang tinggi akan membuat harga koin dari Dogecoin naik signifikan jika ia membeli, mengingat ia dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia saat ini. 

Cuitan tersebut mendapatkan tanggapan positif dan negatif dimana ada yang mendukung dukungan Elon Musk terhadap DOGE dan ada juga yang menghujatnya sebagai pendorong manipulasi harga. 

Dalam cuitan lanjutannya, Elon Musk juga memberi konfirmasi bahwa ia masih terus membeli saat harga DOGE turun saat ini. 

Kenaikan sebesar 18% ini memberi sorotan kepada DOGE, namun perlu diingat bahwa harganya saat ini masih jatuh sekitar 90% dari harga tertingginya. 

Tapi kemungkinan besar saat ini DOGE akan menjadi crypto yang semakin baik dengan adanya rencana yang dikeluarkan di akhir Tahun 2021 untuk keluar dari statusnya sebagai crypto lelucon atau memecoin

Elon Musk juga terlihat memiliki rencananya sendiri terhadap DOGE, yaitu ingin mengarahkannya sebagai alat pembayaran.

Ide ini mendapatkan dukungan positif dari beberapa tokoh besar, salah satunya adalah Mark Cuban seorang pebisnis ternama di Amerika. 

Rencana Elon Musk dalam membeli Twitter juga dianggap akan mempercepat rencana tersebut untuk terjadi. 

Sebab, dengan kepemilikan penuh Twitter di tangan Elon Musk, maka kemungkinan DOGE digunakan sebagai alat tukar dan pembayaran di Twitter, menjadi semakin besar. 

Meski begitu, rencana pembelian Twitter oleh Elon Musk masih terlihat jauh dan kemungkinan DOGE digunakan sebagai alat tukar di Twitter masih jauh. 

Perlu diingat bahwa saat ini DOGE sudah digunakan sebagai alat tukar di beberapa toko besar di Amerika. 

Untuk saat ini yang masih ditunggu investornya adalah perubahan Blockchain Dogecoin dari mekanisme Proof of Work menjadi Proof of Stake. 

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, masih terlihat membantu kelancaran transisi tersebut untuk terjadi. 

Developer Dogecoin saat ini hampir berhasil menyelesaikan empat dari enam rencananya dalam pembaruan Dogecoin sebagai proyek yang memiliki fundamental baik.   

Pendiri DOGE Buka Suara 

Sayangnya walau saat ini DOGE sedang berusaha menjadi crypto yang baik, efek dari Elon Musk tetap membuatnya sebagai crypto pump and dump atau rentan akan manipulasi harga. 

Saat ini topik yang sedang ramai adalah tuntutan dari salah satu investor yang merupakan seorang miliuner di Amerika. Tuntutan tersebut ditujukan kepada Elon Musk akibat dianggap melakukan manipulasi harga DOGE. 

Kasus tersebut masih belum punya kejelasan lagi tapi kemungkinan besar tidak akan bertahan kuat karena kurangnya bukti nyata. 

Terkait kondisi manipulasi yang dianggap masih sering terjadi ini, salah satu pendiri DOGE, Billy Markus memberi tanggapan. 

Melalui Twitter, ia juga mengakui adanya kondisi manipulasi harga ini dan menyatakan bahwa ia akan senang jika akhirnya manipulasi harga tersebut berakhir. 

Ia juga berharap kedepannya DOGE dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau sesuatu yang lebih berguna. 

Tapi, ia menutup cuitan tersebut dengan menghujat crypto dimana ia menganggap semua adalah hal bodoh dan menyenangkan serta berharap investor menyadari kondisi ini. 

Perlu diingat bahwa Billy Markus sudah tidak terlibat dalam Dogecoin secara keseluruhan dan ia terkenal sebagai individu yang sarkas saat memberi cuitan. 

Dogecoin Naik 18% dalam Sehari, Elon Musk Pump and Dump?
Grafik Bulanan DOGEUSD

Untuk DOGE sendiri saat ini harganya masih terlihat belum memiliki tanda pemulihan secara garis besar, walau telah mengalami apresiasi signifikan kemarin. 

Kemungkinan besar, seperti mayoritas crypto lainnya, DOGE akan kembali ke harga Tahun 2020 akhir yaitu di sekitar $0.0381 hingga $0.0051. 

Apa bila terdapat kabar positif dalam teknologi baru Dogecoin, kemungkinan penurunan ke harga tersebut dapat dihindari. 

*Disclaimer

Artikel ini adalah pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.  

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.