Do Kwon Publikasi Rencana Perbaikan LUNA, Binance Dukung Sampai Tuntas!

Naufal Muhammad

17th May, 2022

Terra (LUNA) melalui CEOnya, Do Kwon, baru saja mempublikasi rencana pemulihan terkait hancurnya perusahaan dari sisi keuangan dan operasional. 

Publikasi ini dilakukan pada Senin, 16 Mei 2022, dan terjadi setelah adanya dorongan dari CEO Binance, Changpeng Zhao atau CZ. 

Banyak investor yang mengaitkan kejadian ini seperti kejadian Ethereum di Tahun 2016 terkait eksploitasi DAO atau Decentralized Autonomous Organization yang membuat adanya hard fork Ethereum pertama. 

Do Kwon Publikasi Rencana Pemulihan LUNA

Setelah adanya penurunan besar dari nilai UST atau USTerra dan LUNA, tim Terra membuat publikasi mengenai bagaimana mereka akan memulihkan kondisi ini. 

Publikasi ini dilakukan melalui Twitter melalui CEO Do Kwon mempublikasi situs resmi pengumuman rencana pemulihan

Rencana ini terlihat keluar setelah adanya dorongan langsung dari CEO Binance yaitu CZ yang mengadakan rapat dengan tim Terra. 

CZ terlihat antusias untuk menjaga keberadaan Terra dengan alasan bahwa ia ingin melindungi investor, terutama yang transaksi menggunakan Binance. 

Akibat banyaknya dorongan akhirnya Do Kwon memilih jalan keluar dengan melakukan pembaruan dalam mekanisme jaringan dan koin barunya. 

Dikabarkan bahwa Do Kwon memilih  untuk melakukan hard fork atau pemecahan jaringan yang sama seperti apa yang Ethereum dan Ethereum Classic lakukan. 

Nantinya jaringan baru ini akan bernama Terra dengan koin yang bernama LUNA, sedangkan jaringan lama akan dinamakan Luna Classic dengan koin bernama LUNC. 

Jaringan lama nantinya tetap akan menggunakan mekanisme UST dimana LUNC akan terikat dengan UST seperti layaknya LUNA dan UST dahulu. 

Tapi untuk jaringan baru dikabarkan bahwa UST tidak akan digunakan jadi tidak ada mekanisme mint dan burn antara UST dan LUNA baru. 

Kedua jaringan ini akan hidup berdampingan atau yang biasa disebut hard fork. Nantinya investor LUNA yang akan berubah jadi LUNC dan investor UST akan mendapatkan LUNA baru melalui airdrop.  

Do Kwon Publikasi Rencana Perbaikan LUNA, Binance Dukung Sampai Tuntas!
LUNA (Baru) Token Economics

Tidak ada paksaan dari Do Kwon untuk pindah ke blockchain baru, jadi untuk investor yang masih memilih jaringan lama, investor masih tetap diperbolehkan. 

Rencana ini masih dalam bentuk proposal dan masih belum akan dilaksanakan, karena Terra masih menggunakan sistem governance. 

Jadi, proposal ini akan melewati fase pemungutan suara atau persetujuan pada 18 Mei 2022 yang akan dilakukan dengan partisipasi holder LUNA saat ini. 

Jika disetujui, kemungkinan besar apa bila sesuai rencana, blockchain baru akan diluncurkan pada 27 Mei 2022. 

Binance Masih Dukung LUNA

Binance melalui CZ masih terlihat mendukung rencana ini dan tidak menjual dana persediaannya yang tersimpan masih dalam bentuk LUNA. 

Ikatan ini terjadi karena Binance adalah salah satu investor proyek Terra dimana mereka memberikan dana sebanyak $3 Juta di Tahun 2018 dan mendapatkan ganjaran sebanyak 15 Juta LUNA. 

Saat LUNA mencapai harga tertinggi kepemilikan tersebut bernilai sekitar $1,6 Miliar tapi setelah penurunan drastis ini, kepemilikannya turun menjadi hanya $2400. 

Walau turun drastis, CZ mengaku bahwa Binance tidak pernah menjual LUNA yang dimilikinya sama sekali. 

Tapi walau begitu, CZ tetap meminta Do Kwon untuk memberi kompensasi kepada trader dan investor ritel terkait insiden penurunan harga ini. Ia menyatakan, 

“Untuk memberi contoh dalam perihal perlindungan pengguna, Binance tidak akan mempermasalahkan kondisi ini secara berlebihan. Tapi Binance akan meminta Terra untuk memberi kompensasi kepada investor ritel terlebih dahulu dan Binance terakhir, jika masih ada dana. 

Walau meminta kompensasi terakhir, Binance tetap akan mendapatkan pendapatan dari imbalan staking UST dari investor LUNA sejak Juli 2021. Dikabarkan bahwa keuntungan tersebut akan bertotal senilai $12 Juta yang juga belum dicairkan ke fiat. 

Untuk saat ini Binance tidak menambah investasinya kepada Terra jadi belum ada dana tambahan dari Binance terkait pemulihan ini. 

Terakhir, saat ini Luna Foundation Guard telah menjual sekitar 80.081 BTC untuk memberi kompensasi kepada para investor UST. Yang masih ditunggu untuk saat ini adalah pemungutan suara terkait proposal ini. 

Jika ditolak oleh mayoritas investor, ada kemungkinan LUNA akan menjadi proyek yang stagnan dan bisa berubah menjadi kategori “micin”. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.