Berita Altcoins · 8 min read

Dibanding Solana, Polkadot Lebih Hemat Energi

Dibanding Solana, Polkadot Lebih Hemat Energi

Menurut studi terbaru dari Crypto Carbon Ratings Institute (CCRI), Polkadot keluar sebagai TOP cryptocurrency paling hemat energi dengan tingkat konsumsi listrik paling rendah daripada aset crypto utama lainnya seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Solana (SOL).

Studi tersebut mengungkapkan bahwa Polkadot hanya menggunakan 6,6 kali lipat listrik dari rata-rata pengunaan listrik rumah tangga di wilayah Amerika Serikat.

Perbandingan Pengunaan Listrik Top Crypto Lainnya

Sebagai perbandingan, ETH menggunakan 1,6 juta kali lipat dari rata-rata penggunaan listrik rumah tangga di wilayah Amerika Serikat, sedangkan Bitcoin adalah aset paling tidak hemat energi dengan pengunaan listrik 8,6 juta kali lipatnya.

Baca juga: Polkadot Luncurkan Lima Parachain, Begini Harga DOT

Sementara jika dibandingkan dengan rata-rata rumah tangga di Amerika Serikat yang mengkonsumsi listrik sekitar 10.600 kWh per tahun.

Solana berada diposisi ketiga tingkat pengunaan listrik tertinggi dengan mengkonsumsi 200 kali lipat yang digunakan.

Perbandingan Pengunaan Energi Listrik pada Aset Crypto
Perbandingan Pengunaan Energi Listrik pada Aset Crypto

Untuk Bitcoin, aset crypto raksasa tersebut mengkonsumsi lebih banyak listrik daripada sistem Proof of Stake lainnya karena mekanisme konsensus yang digunakan adalah Proof of Work menghasilkan penyebaran hardware dengan intensif energi.

Selain Bitcoin, Ethereum, dan Solana, ada juga Cardano (ADA), Algorand (ALGO), Avalanche (AVAX) dan Tezos (XTZ) sebagai aset yang mengkonsumsi biaya tinggi.

Pada saat penulisan, Polkadot diperdagangkan pada $21,45, naik 23% dari tertinggi tujuh hari di $17,42.

Baca Juga: Transaksi Bitcoin Habiskan Listrik Setara Kebutuhan Rumah Tangga di Inggris Selama 2 Bulan!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.