Berita Altcoins · 5 min read

Polkadot Luncurkan Lima Parachain, Begini Harga DOT

Polkadot Luncurkan Lima Parachain, Begini Harga DOT

Akhir pekan ini, Polkadot mencapai tonggak baru dalam untuk road map yang  meningkatkan skalabilitas jaringannya.

Parachains pertama  dijalankan oleh Acala Network, Moonbeam, Parallel Finance, Astar, dan Clover yang  ditayangkan langsung di jaringan Polkadot. Parachain adalah sejenis blockchain individu dan berdaulat yang berjalan di atas Polkadot.

Polkadot bertujuan untuk efisiensi sehingga transaksi tidak bersaing dengan semua kontrak pintar lainnya di ekosistem yang sama.

Parachains juga mengurangi kebutuhan jaringan untuk mengandalkan solusi penskalaan layer-2 untuk mengurangi kemacetan. Dengan kata sederhana, seolah-olah aplikasi terdesentralisasi favorit Anda memiliki blockchain sendiri.

Inilah sebabnya mengapa Polkadot didefinisikan sebagai protokol “Lapisan Nol”: parachains akan menjadi blockchain lapisan 1 yang sebenarnya (seperti Bitcoin atau Ethereum) yang berjalan secara paralel di atas tulang punggung yang sama.

Awalnya, Polkadot akan menawarkan dukungan untuk 100 parachains. Alokasi akan dilakukan melalui lelang yang akan menjamin slot hingga 96 minggu. Lelang berikutnya akan diadakan pada 23 Desember 2021, ketika enam parachain baru akan dialokasikan.

Peluncuran resmi parachains merupakan puncak dari upaya pengembang yang diikuti dengan antusias oleh masyarakat. Tak lama setelah pengembang Polkadot mengumumkan keberhasilan penerapan parachain pertama di testnet Kusama pada bulan Mei, Polkadot memulai kenaikan yang memuncak dengan daftar DOT di Coinbase.

Polkadot didirikan pada 2020 oleh Dr. Gavin Wood yang juga merupakan salah satu pendiri Ethereum. Wood mengatakan tidak perlu hanya terpaku pada satu blockchain.

“Model parachain dibuat dengan keyakinan bahwa masa depan Web3 akan melibatkan berbagai jenis blockchain yang bekerja sama, sama seperti versi Internet saat ini melayani kebutuhan yang berbeda, blockchain harus dapat menyediakan berbagai layanan. Parachains menyelesaikan ini,” kata Wood dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh tim Polkadot.

Dengan hanya lima parachains yang beroperasi di Polkadot sejauh ini, slot tambahan akan dialokasikan dalam batch selama beberapa bulan mendatang. Batch lelang parachain Polkadot berikutnya dijadwalkan pada 23 Desember, dengan pemenang lelang akan diberikan pada 11 Maret 2022.

Kabar Harga DOT

Namun harga DOT, token asli Polkadot, tidak langsung bereaksi terhadap kabar ini. Untuk saat ini, grafik menunjukkan kelanjutan dari tren turun yang dimulai pada bulan November setelah $55 ATH, sebagian mengikuti jejak Bitcoin.

Tren Harga Polkadot

Harga DOT saat ini sedang terjebak trend turun, apabila breakout berhasil melewati downtrend kemungkinan DOT bisa naik ke $28.91 dan akan retest di angka $23.69 sebelum lanjut untuk raih all time high sebelumnya di sekitar $54.22 atau $55. Jika mekanisme ini tidak berhasil, maka DOT kemungkinan akan turun hingga $10.84.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.