DEX Cardano Minswap Catat TVL Naik $400% dalam Seminggu

Rossetti Syarief

9th March, 2022

Hanya dalam kurun waktu seminggu, decentralized exchange berbasis Cardano yang belum lama ini diluncurkan, Minswap ($MIN), mencatat kenaikan tinggi dalam TVL dengan persentase 400%.

Menurut data yang dilansir oleh aggregator DeFiLlama, likuiditas Minswap melonjak dari yang awalnya hanya bernilai 9 juta Dollar kini menjadi lebih dari 45 juta Dollar pada saat penulisan.

Liquidity Bootstrapping Event (LBE) atau kontrak yang mengelola kumpulan inti yang berisi token untuk digunakan di bursa, telah dimanfaatkan Cardano untuk mendapatkan likuiditas yang dimilikinya sebagai sarana pendapatan untuk organisasi otonom yang terdesentralisasi.

LBE Mendorong Kenaikan TVL Minswap

Kontrak yang mengelola kumpulan inti yang berisi token untuk digunakan di bursa dimanfaatkan Cardano dengan baik untuk meningkatkan TVL pada Minswap. 

Kini, LBE telah memasuki fase kedua dengan yang pertama melihat anggota komunitas memasok Cardano ke protokol untuk menerima token “purrADA” sebagai imbalan yang investor gunakan untuk menerima token penyedia likuiditas dari kumpulan MIN/ADA.

Semenatara itu, fase ketiga dari LBE dikabarkan akan dimulai minggu depan. Di dalamnya, investor dapat mempertaruhkan token MIN/ADA di Yield Farming pool untuk mendapatkan token MIN. 

Khususnya, kontribusi tersebut memungkinkan Minswap menjadi protokol DeFi terbesar kedua di Cardano, di belakang SundaeSwap.

SundaeSwap sendiri merupakan DEX pertama Cardano yang dapat diskalakan dengan tersedianya protokol penyediaan likuiditas otomatis yang didukung oleh cFund, Alameda Research (perusahaan perdagangan crypto kuantitatif dan penyedia likuiditas yang didirikan oleh CEO FTX Sam Bankman-Fried), serta Double Peak Group.

Baca Juga: SundaeSwap Buat Transaksi Cardano Lebihi Ethereum

Pada saat penulisan, SundaeSwap telah memiliki TVL $ 116 juta. Ada juga aplikasi DeFi pertama yang dapat digunakan yang diluncurkan di Cardano, MuesliSwap, memiliki TVL $1,79 juta setelah kehilangan lebih dari 50% nilainya dalam sebulan.

Untuk harga ADA sendiri, asert berhasil mencatat keuntungan baik pada tahun lalu menjelang peluncuran hard fork Alonzo yang diantisipasi secara luas.

Peluncuran tersebut membawa smart contract ke dalam jaringan dan memungkinkannya bersaing dengan Binance Smart Chain (BSC), Ethereum (ETH), dan Solana (SOL).

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.