Berita Blockchain · 6 min read

Survei Membuktikan Crypto Membuat Orang Semangat Olahraga

Survei Membuktikan Crypto Membuat Orang Semangat Olahraga

Survei dari FitRated, perusahaan olahraga dan gaya hidup sehat, menyatakan bahwa crypto adalah motivasi terbaik untuk olahraga saat ini. 

Tercatat bahwa lebih dari 80% individu yang mengikuti survei tersebut akan lebih termotivasi untuk berolahraga jika diberi imbalan dalam bentuk crypto. 

Crypto Memberi Motivasi Olahraga

Survei yang dilaksanakan tersebut menemukan bahwa 40% partisipan menyatakan mereka rela membatalkan langganannya di tempat olahraga atau gym mereka untuk pindah ke gym di metaverse. 

Survei Membuktikan Crypto Membuat Orang Semangat Olahraga
Hasil Survei FitRated

Selain itu, 81% dari seluruh responden menyatakan bahwa mereka akan lebih termotivasi untuk olahraga jika mendapatkan imbalan dalam bentuk crypto. 

Sebelumnya, sebuah penelitian oleh Biro Nasional Penelitian Ekonomi Amerika menyimpulkan bahwa uang saja tidak cukup untuk membuat orang termotivasi berolahraga. 

Tapi penemuan ini dibuktikan salah oleh penelitian dari FitRated yang menemukan bahwa 63% responden setuju crypto adalah salah satu insentif utama berolahraga jika dibentuk sebagai imbalan. 

Pernyataan ini mengacu pada fenomena Move to Earn yang sedang beredar tenar di dunia crypto saat ini. 

83% dari partisipan menyatakan bahwa mereka senang dengan fenomena Move to Earn dimana mereka bisa berolahraga untuk menghasilkan crypto. 

Saat ditanyakan mengenai apa jenis olahraga yang diinginkan untuk dilakukan agar mendapat crypto, mayoritas responden memiliki tanggapan yang berbeda. 

Survei Membuktikan Crypto Membuat Orang Semangat Olahraga
Hasil Survei FitRated

49,1% menjawab bahwa mereka menyukai kegiatan jalan kaki diikuti dengan bersepeda dan berenang. 

Olahraga yang paling tidak diminati dalam survei tersebut adalah HIIT atau High Intensity Interval Training dimana individu bergerak melakukan beberapa gerakan olahraga dalam waktu yang singkat dengan intensitas tinggi. 

Mayoritas Menginginkan Imbalan Bitcoin 

Saat ditanya crypto apa yang diinginkan untuk menjadi imbalan saat berolahraga, terdapat tiga crypto utama. 

Tiga crypto ini adalah Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin, yang merupakan tiga crypto yang cukup tenar sejak Tahun 2021 lalu. 

72% dari seluruh responden menyatakan bahwa mereka menginginkan Bitcoin sebagai imbalan saat berolahraga. 

Bitcoin diikuti oleh Ethereum dengan minat sebesar 35,5% dan kemudian Dogecoin sebesar 34,6%. Perlu diikuti bahwa responden boleh memilih lebih dari satu yang menyebabkan jumlah persentase jawaban responden melebihi 100%.  

Saat ini fenomena Move to Earn masih terus meningkat dengan mayoritas aplikasi terdesentralisasi terkait crypto yang ada adalah berjalan untuk mendapat imbalan. 

Survei Membuktikan Crypto Membuat Orang Semangat Olahraga
Kapitalisasi Pasar Proyek Kategori Move to Earn

Menurut data dari Coinmarketcap, saat ini kedudukan tertinggi dalam kategori move to Earn diduduki oleh STEPN dengan tokennya yaitu GMT. 

STEPN merupakan sebuah proyek yang memberi imbalan kepada pengguna dalam bentuk tokennya yaitu Green Satoshi Token atau GST yang bisa ditukar dengan token keduanya yaitu GMT. 

Untuk mendapatkan imbalan tersebut saat ini pengguna hanya perlu berjalan namun harus membeli sepatu NFT yang diwajibkan untuk melacak langkah pengguna. 

Kedua adalah Genopets yang merupakan sebuah proyek yang menggabungkan antara Move to Earn dan GameFi

Proyek ini hampir mirip dengan permainan Pokemon GO yang pernah ramai di Indonesia dimana banyak orang bergerak untuk menangkap Pokemon melalui kamera smartphone di dunia nyata. 

Move to Earn saat ini hanya memiliki kapitalisasi pasar sekitar $1 Miliar jadi masih relatif kecil. Tapi dengan semakin banyaknya perusahaan olahraga yang masuk, kemungkinan fenomena ini akan menjadi fenomena besar di dunia crypto.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.