Cosmos (ATOM) Terima 1 Juta Transfer Hanya Dalam Satu Bulan!

Rossetti Syarief

6th October, 2021

Jaringan cross-chain Cosmos (ATOM) berhasil berkembang pesat seiring dengan proyek-proyek yang berjalan di atasnya. Dan baru-baru ini, Cosmos mencapai tonggak dalam hal aktivitas.

Protokol Komunikasi Inter Blockchain (IBC), yang merupakan tulang punggung ekosistem Cosmos, dilaporkan alami lonjakan aktivitas selama sebulan terakhir dengan lebih dari satu juta transfer yang tercatat.

Cosmos meluncurkan IBC pada bulan Maret untuk memungkinkan keuangan terdesentralisasi cross-chain dan transfer token non fungible (NFT) yang dapat dioperasikan. 

Selama enam bulan terakhir, ia telah tumbuh secara substansial, memasukkan proyek-proyek baru dan blockchain ke dalam ekosistem.

Proyek penting lainnya yang beroperasi pada protokol tersebut adalah Terra, Band, Kava, dan Chaosnet THORchain.

Ekosistem Mapofzones milik Cosmos menunjukkan bahwa ada 1.071.132 transfer selama 30 hari terakhir dan 45.738 transfer di IBC selama 24 jam terakhir.

Sementara itu, pembuat pasar otomatis Osmosis bertanggung jawab atas bagian terbesar dari transfer protokol IBC tersebut dengan 44% dari total yang ada.

Rantai Cosmos dilaporkan menerima 307.855 transfer, sekitar 29% dari total IBC, selama 30 hari terakhir.

Standar IBC menyediakan metode pertukaran data yang aman antara blockchain independen sambil menskalakan melalui sharding dan sidechains untuk berbagai aplikasi. 

Cosmos hanyalah satu jaringan dari banyak jaringan yang beroperasi pada protokol IBC.

Pembayaran aset digital dan penyedia crypto wallet juga berjalan di jaringan Cosmos. 

Pada akhir September kemarin, pihak mereka resmi meluncurkan platform dan pasar NFT sendiri yang telah mendorong momentum lebih lanjut.

Pada bulan Juni, platform Kava DeFi diluncurkan di Cosmos yang memungkinkan deposit Binance Coin menjadi pinjaman yang dijaminkan dalam stablecoin USDX-nya.

Cosmos juga sedang mengerjakan teknologi penskalaan rollup untuk memungkinkan pengembang membangun blockchains berbasis Cosmos sebagai rollup yang dapat digunakan sebagai kluster dalam zona IBC. 

Hingga saat ini, Cosmos memiliki token asli sendiri yang disebut ATOM yang berhasil menyentuh 5,1% selama 24 jam terakhir untuk diperdagangkan pada $35,39 menurut CoinGecko

Token tersebut telah membuat kenaikan 37% yang solid selama sebulan terakhir, dan hanya turun 19% dari tertinggi sepanjang masa 20 September di $44,42.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik