Berita Exchange · 7 min read

Coinbase Kuasai Crypto, Ini Jumlah Kepemilikannya

Bursa Coinbase dikabarkan memiliki crypto dengan jumlah yang cukup besar, bahkan dapat dipertimbangkan sebagai salah satu penguasa pasar crypto.

Coinbase Salah Satu Penguasa Pasar

Saat ini Coinbase memiliki crypto dengan jumlah lebih dari 10% keseluruhan kapitalisasi pasar crypto.

Messari, perusahaan penyedia data terkait crypto, telah melaporkan jumlah crypto tersimpan pada Coinbase telah naik drastis dari kuartal keempat 2020.

Messari mengabarkan bahwa 11% dari keseluruhan kapitalisasi crypto berada di Coinbase hingga akhir tahun 2020.

Coinbase sendiri menyediakan jasa penyimpanan untuk lebih dari 90 jenis mata uang crypto.

Baca juga: Rencana IPO Semakin Kuat, Coinbase Jadi Perbincangan Panas

Angka itu adalah setengah dari keseluruhan crypto yang dapat diperdagangkan di bursa tersebut.

Nilai dana yang tersimpan pada Coinbase naik hingga sekitar $90 Miliar pada kuartal keempat 2020 dengan kapitalisasi crypto tersebut yang naik hingga $780 Miliar pada 2021.

Walau memiliki beberapa jenis crypto yang disediakan dalam jasa penyimpanan tersebut, Messari menemukan bahwa dominasi masih dimiliki oleh Bitcoin dan Ethereum.

Bitcoin dan Ethereum Mendominasi

Data dari Messari menunjukkan bahwa 83% dari keseluruhan crypto dalam jasa penyimpanan Coinbase adalah Bitcoin dan Ethereum.

Komposisi 83% tersebut berisi oleh 70% Bitcoin yang terlihat stagnan sejak 2019 dan 2020 bersama Ethereum yang naik menjadi 13% dari sebelumnya hanya 9%.

Penemuan ini dipublikasi oleh Messari melalui laporan yang bertujuan untuk menganalisis kondisi Coinbase mendekati pelantaiannya di bursa saham sebagai perusahaan publik.

Laporan ini ditulis oleh Mira Christanto, salah satu peneliti di Messari yang nampaknya telah fokus kepada Coinbase beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Coinbase Bantu Pemerintah AS Perangi Perdagangan Ilegal

Ia melaporkan bahwa 95% pendapatan Coinbase berasal dari investor ritel yang membayar biaya 30 kali lebih besar dari investor institusional.

Ia juga menekankan valuasi Coinbase sebelum IPO yaitu pada 7% dari keseluruhan pasar crypto.

Angka ini berarti sekitar $107 Miliar jika mengacu pada kapitalisasi saat ini pada $1,54 Triliun.

Menurut laporan S-1 yang Coinbase berikan ke Securities and Exchange Commission pada 25 Februari 2021, pendapatan perusahaan mencapai $1.1 Miliar di Tahun 2020.

Dalam laporan tersebut dikabarkan bahwa mayoritas pendapatan tersebut datang dari biaya transaksi.

Saat ini Coinbase menjadi salah satu penguasa dalam pasar crypto akibat masih sedikitnya bursa yang mendominasi kapitalisasi sebesar Coinbase.

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.