ADA · 6 min read

Charles Hoskinson Optimis Cardano Bisa Ungguli Bitcoin dan Ethereum dalam 10 Tahun

harga cardano naik

Charles Hoskinson, pendiri blockchain layer-1 Cardano, menyatakan keyakinannya bahwa dalam 10 tahun mendatang, jaringannya akan mampu mencapai dan bahkan melampaui pencapaian Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

Dalam acara Cardano Summit 2024 di Buenos Aires, Argentina, Hoskinson mengungkapkan bahwa Cardano telah mencatat berbagai pencapaian signifikan selama tujuh tahun terakhir, termasuk peningkatan skala menjadi jaringan bernilai 11 digit, akuisisi jutaan pengguna, serta menjadi kelompok riset terbesar di dunia.

Melihat perkembangan ini, ia memprediksi bahwa dalam 10 tahun ke depan, Cardano bisa lebih besar dari Ethereum, dan dapat melampaui Bitcoin dalam 10 tahun selanjutnya. Ini terutama bahwa infrastruktur pemerintahan di masa depan diprediksi akan memanfaatkan jaringan Cardano, seiring dengan meningkatnya kepercayaan banyak entitas besar terhadap jaringan tersebut.

Prediksi Hoskinson disampaikan tak lama setelah terdapatnya perdebatan yang sering kali muncul di platform X mengenai perbandingan Cardano dan Ethereum. Meski beberapa kritik menyebut protokol Cardano saat ini masih dianggap kaku dalam menerima dan memproses instruksi pengguna, Hoskinson menekankan bahwa pihaknya tengah melakukan perbaikan terhadap masalah terkait.

Perbaikan tersebut juga akan dibarengi dengan usulan inovasi baru yang mencakup peningkatan kemampuan komposisi dan implementasi biaya Babel, yakni sebuah mekanisme yang akan memungkinkan biaya transaksi dibayarkan dalam aset kripto selain token native ADA. 

Baca juga: Analis Ini Sebut Cardano dan Polkadot Tak Lagi Menarik Bagi Investor Institusi

Cardano Dianggap Unggul dalam Hal Desentralisasi

Lebih lanjut, Hoskinson menekankan keunggulan teknologi Cardano dibandingkan jaringan lainnya terletak pada tata kelola yang terdesentralisasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di jaringan secara mandiri.

Ia berargumen bahwa desentralisasi yang dimiliki Cardano merupakan sebuah kunci untuk menciptakan kepercayaan yang akan membantu menghilangkan ketergantungan pada perantara atau perusahaan yang memegang kendali sebuah proyek.

Perkembangan Cardano menjadi jaringan yang terdesentralisasi juga didukung oleh hard fork Chang pada September 2024 yang menandai dimulainya era baru yang dikenal sebagai Voltaire Era, di mana tata kelola terdesentralisasi akan menjadi fokus utama.

Baca juga: Cardano Lakukan Chang Hard Fork, Ini Fokus Utamanya!

Upgrade ini memungkinkan tata kelola partisipatif secara on-chain melalui implementasi mekanisme yang dijelaskan dalam CIP-1694. Upgrade ini akan memastikan transparansi, inklusivitas, dan ketahanan tata kelola dalam ekosistem Cardano.

Menyusul diskusi Honkinson, token ADA terus mengalami peningkatan hingga 5% di kisaran US$0,36. 

Pergerakan harga Cardano (ADA) dalam 24 jam terakhir. Sumber: CoinMarketCap

Adapun, volume perdagangan harian yang tercatat meningkat hingga 50%, dengan kapitalisasi pasar yang juga tumbuh hingga 5% di US$12,9 miliar.

Baca juga: Posisi Cardano di 10 Top Kripto Terancam Digeser Shiba

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.