Berita Altcoins · 8 min read

CEO Meta Mark Zuckerberg Jual Project Stablecoin Diem

Mark Zuckerberg Jual Project Stablecoin Diem

Menurut sebuah pernyataan yang dilaporkan kepada Bloomberg, Meta dilaporkan ingin menjual proyek stablecoin Diem. 

Diem sendiri merupakan sebuah inisiatif cryptocurrency Meta Platform. Sumber tersebut mengatakan bahwa rencana Zuckerberg menjual aset tersebut adalah sebagai upaya mengembalikan modal kepada investor mereka.

Sumber yang sama juga mengatakan bahwa pihak Diem sebenarnya telah berdiskusi dengan bankir investasi untuk menentukan cara terbaik menjual kekayaan intelektualnya agar mendapat uang untuk mempertahankan proyek.

Namun masih belum ada kejelasan bagaimana perusahaan akan dinilai, dan tidak ada jaminan bahwa mereka akan dapat menemukan pembeli.

Diem di Bawah Tekanan Regulasi

Diluar dari upaya Meta, Stablecoin Diem memiliki sejarah yang kontroversial, menjalani pengawasan ketat dari regulator dan melakukan rebranding dari nama aslinya yang disebut Libra.

Salah satu tekanan yang cukup memukul Diem datang dari pemeriksaan aset yang mengakibatkan senator Demokrat di Amerika Serikat meminta perusahaan untuk menghentikan proyek serta Novi walletnya.

Novi wallet sendiri merupakan wadah penyimpan Diem yang memungkinkan pengguna di WhatsApp untuk mengirim pembayaran kepada orang lain.

Bahkan sejak peluncurannya, Diem telah menerima penolakan langsung dari pemerintah AS dan regulator di seluruh dunia, yang mengutip kekhawatiran mengenai privasi dan kedaulatan moneter.

Stablecoin Adalah Prioritas Regulator

Stablecoin dipandang sebagian orang sebagai ancaman terhadap mata uang nasional.

Regulator pun memprioritaskan pengawasannya dan sedang berupaya agar Stablecoin setidaknya mendaftar di bawah undang-undang perbankan jika mereka akan berfungsi sebagai mata uang biasa. 

Organisasi internasional seperti G20 juga merasakan hal yang sama. Sementara regulator AS dan UE justru membahas Stablecoin dan CBDC yang telah mengalami banyak kemajuan dari tahun lalu. 

Sedangkan Federal Reserve Amerika Serikat telah menerbitkan makalahnya minggu lalu yang membahas tentang potensi CBDC.

Baca Juga: Bank Sentral Eropa Menyerukan Regulasi Proaktif Stablecoin

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.