CEO Meta Mark Zuckerberg Jual Project Stablecoin Diem

Rossetti Syarief

26th January, 2022

Menurut sebuah pernyataan yang dilaporkan kepada Bloomberg, Meta dilaporkan ingin menjual proyek stablecoin Diem. 

Diem sendiri merupakan sebuah inisiatif cryptocurrency Meta Platform. Sumber tersebut mengatakan bahwa rencana Zuckerberg menjual aset tersebut adalah sebagai upaya mengembalikan modal kepada investor mereka.

Sumber yang sama juga mengatakan bahwa pihak Diem sebenarnya telah berdiskusi dengan bankir investasi untuk menentukan cara terbaik menjual kekayaan intelektualnya agar mendapat uang untuk mempertahankan proyek.

Namun masih belum ada kejelasan bagaimana perusahaan akan dinilai, dan tidak ada jaminan bahwa mereka akan dapat menemukan pembeli.

Diem di Bawah Tekanan Regulasi

Diluar dari upaya Meta, Stablecoin Diem memiliki sejarah yang kontroversial, menjalani pengawasan ketat dari regulator dan melakukan rebranding dari nama aslinya yang disebut Libra.

Salah satu tekanan yang cukup memukul Diem datang dari pemeriksaan aset yang mengakibatkan senator Demokrat di Amerika Serikat meminta perusahaan untuk menghentikan proyek serta Novi walletnya.

Novi wallet sendiri merupakan wadah penyimpan Diem yang memungkinkan pengguna di WhatsApp untuk mengirim pembayaran kepada orang lain.

Bahkan sejak peluncurannya, Diem telah menerima penolakan langsung dari pemerintah AS dan regulator di seluruh dunia, yang mengutip kekhawatiran mengenai privasi dan kedaulatan moneter.

Stablecoin Adalah Prioritas Regulator

Stablecoin dipandang sebagian orang sebagai ancaman terhadap mata uang nasional.

Regulator pun memprioritaskan pengawasannya dan sedang berupaya agar Stablecoin setidaknya mendaftar di bawah undang-undang perbankan jika mereka akan berfungsi sebagai mata uang biasa. 

Organisasi internasional seperti G20 juga merasakan hal yang sama. Sementara regulator AS dan UE justru membahas Stablecoin dan CBDC yang telah mengalami banyak kemajuan dari tahun lalu. 

Sedangkan Federal Reserve Amerika Serikat telah menerbitkan makalahnya minggu lalu yang membahas tentang potensi CBDC.

Baca Juga: Bank Sentral Eropa Menyerukan Regulasi Proaktif Stablecoin

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.