Berita Industri · 8 min read

Celsius Diminta Kembalikan Dana Pengguna Sebesar Rp781 Miliar

Celsius Diminta Kembalikan Dana Pengguna

Pengadilan AS memerintahkan kepada Celsius untuk mengembalikan jutaan dollar dana kripto milik penggunanya. 

Menurut laporan Bloomberg, Hakim Pengadilan Kebangkrutan AS, Martin Glenn mengeluarkan perintah pada Rabu (07/12) bahwa platform pinjaman kripto, Celsius Network harus mengembalikan dana kripto senilai sekitar $50 juta (Rp781 miliar) kepada pengguna akun kustodian, yang berarti Celsius berutang miliaran dolar koin kepada penggunanya

Sementara, Celsius telah mengajukan kebangkrutan Bab 11 pada Juli lalu, ketika perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa ia memiliki liabilitas sekitar $1 miliar dan $10 miliar dan diklaim telah memiliki lebih dari 100.000 kreditor.

Baca juga: Celsius Terus Berjuang, Bagaimana Nasibnya?

Kemudian pada September lalu, sidang Celsius menghasilkan keputusan untuk mengembalikan dana kustodian penggunanya, dan juga upaya merestrukturisasi dan meluncurkan kembali operasinya. 

Dikatakan juga dari pihak-pihak yang terlibat sebelumnya yang telah menyimpulkan bahwa uang yang dimasukkan ke dalam ‘rekening escrow’ adalah milik pengguna, bukan Celsius. 

Sekilas informasi, Escrow account ini akan berfungsi sebagai rekening penampungan yang dikelola oleh bank yang mana transaksi antar pihak hanya dapat diselesaikan apabila masing-masing pihak telah melaksanakan apa yang menjadi syarat di dalam perjanjian.

Karena pelanggan Celsius menggunakan layanan earn atau borrow, sehingga pelanggan yang memiliki akun kustodian masih mempertahankan kepemilikan aset kripto mereka.

Maka dari itu, peran Celsius hanya bertindak sebagai penyedia penyimpanan. Semua dana tersebut milik nasabah, bukan milik Celsius.

Celsius Miliki 58.300 Pengguna

Menurut dokumen yang ada, Celsius memiliki sekitar 58.300 pengguna yang secara kolektif menyetor lebih dari $210 juta ke kustodian miliknya, diikuti juga 15.680 pelanggan yang memegang “Aset Kustodian Murni” senilai $44 juta (Rp687 miliar), b erdasarkan laporan dari Pengadilan Kebangkrutan untuk Distrik Selatan New York, yang mengawasi kasus tersebut.

Sementara, pada awal Desember ini, Celsius telah memenangkan perpanjangan periode eksklusivitasnya untuk hak mengajukan rencana reorganisasi Bab 11 hingga 15 Februari.

Baca Juga: Galaxy Digital Menang Lelang Aset Celsius!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.