Utang Celsius Mencapai $2,8 Miliar! Sementara Kas Terus Berkurang

Nabiila Putri Caesari

16th August, 2022

Sebuah laporan menunjukkan bahwa crypto lending Celcius mulai kehabisan uang di tengah situasi kebangkrutan yang mereka alami. Sebelumnya Celcius diketahui memiliki defisit sekitar $1,2 miliar.

Lalu, laporan terbaru menunjukkan bahwa platform crypto lending ini masih memiliki kewajiban hutang senilai $2,8 miliar dalam aset crypto yang ada.

Baca juga: Celsius Bangkrut Versi Chapter 11, Calon MT GOX Baru? 

Proyeksi dari firma hukum Kirkland & Ellis menunjukkan jika Celsius bisa kehabisan dana pada Oktober mendatang. Selain itu, perusahaan juga masih berutang kepada depositor senilai $2,8 miliar. Namun, arus kas yang dipegang saat ini tidak memungkinkan untuk menutupinya.

Pada Juli, Celsius mengajukan kebangkrutan Chapter 11 pada 14 Juli, setelah penurunan harga crypto memaksanya untuk menghentikan penarikan. Sejak itu, perusahaan telah bekerja melalui proses restrukturisasi dan memeriksa cara-cara untuk membayar kreditur.

Celsius Kesulitan Membayar Utangnya

Perusahaan ini diketahui masih memiliki saldo kas sekitar $130 juta di Agustus namun angkanya tidak menutupi untuk bulan-bulan berikutnya karena masih digunakan untuk pengeluaran operasional, modal, dan restrukturisasi saat ini.

Kirkland & Ellis menyatakan bahwa perusahaan mendekati likuiditas kurang lebih $40 juta dengan batas akhir Oktober.

Tabel Arus Kas Bulanan Celsius dari pengajuan Kirkland & Ellis

Saat ini, perusahaan memiliki $348 juta dalam bentuk BTC, dengan kewajiban membayar Bitcoin sebesar $2,5 miliar dan juga ada selisih sekitar $1 miliar antara kewajiban dan persediaan ETH.

Baca juga: Celsius Bayar Utang dalam Bitcoin! Tekanan Jual Dimulai?

Lalu, selisih sekitar kurang dari $700 juta dalam kewajiban USDC dan sedikit kepemilikan Wrapped Bitcoin (WBTC) dan stETH masing-masing sebesar $557 juta dan $683 juta. Dengan tambahan $438 juta token CEL setelah pengeluaran. Pemberi pinjaman juga memiliki senilai $625 juta dalam koin lainnya.

Laporan Koin dari pengajuan Kirkland & Ellis

Angka-angka itu diajukan menjelang sidang hari kedua perusahaan, yang dijadwalkan pada Selasa, (16/8/2022) pukul 2 siang EST, dan rapat kreditur juga akan digelar pada 19 Agustus mendatang.

Baca juga: Token Celsius Naik 800%, Waspada Gocekan Pasar

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.