Celsius Bayar Utang dalam Bitcoin! Tekanan Jual Dimulai?

Naufal Muhammad

8th July, 2022

Setelah terjerat kasus gagal bayar dan mengalami permasalahan likuiditas, akhirnya Celsius bayar utang secara perlahan kepada para krediturnya, salah satunya adalah MakerDAO. 

Saat ini Celsius memiliki sekitar $440 Juta di FTX dalam bentuk Wrapped Bitcoin (WBTC) karena mendapat pengembalian dana jaminan dari MakerDAO. 

Kabar buruknya, kemungkinan besar WBTC tersebut akan dijual demi mendapatkan dana untuk membayar utang dalam fiat, sehingga berpotensi membuat tekanan jual tinggi di pasar. 

Celsius Bayar Utang MakerDAO

Kondisi keuangan Celsius nampaknya terlihat mulai membaik karena permasalahan likuiditasnya yang mulai berkurang. 

Sebelumnya, Celsius sedang terjerat permasalahan gagal bayar utang serta kekurangan likuiditas yang membuat penggunanya tidak bisa transaksi serta menarik dana dari platformnya. 

Tapi saat ini akhirnya kondisi negatif Celsius mulai berubah dengan adanya perpindahan dana yang menurut Celsius adalah langkah untuk menyelamatkan likuiditas dalam kondisi volatilitas pasar yang tinggi. 

Baca juga: Crypto Lending Celsius Terancam Bangkrut!

Pada Kamis, 7 Juli 2022, Celsius terlihat melakukan transaksi dalam DAI untuk membayar utangnya sebesar $41 Juta kepada MakerDAO. 

Perlu diketahui bahwa utang ini memiliki jaminan yang harus dikunci oleh Celsius kepada MakerDAO sebesar $440 Juta. 

Transaksi pembayaran utang ini dilakukan pada Oasis yaitu salah satu aplikasi Decentralized Finance atau DeFi yang terikat dengan ekosistem MakerDAO. 

Celsius Bayar Utang dalam Bitcoin! Tekanan Jual Dimulai?
Transaksi Pelunasan Utang di Etherscan

Terlihat dalam Etherscan bahwa terjadi pembayaran utang oleh Celsius dan pengembalian jaminan dari MakerDAO kepada Celsius dalam WBTC sejumlah $440 Juta.

Utang kepada MakerDAO ini adalah salah satu utang yang membuat kasus Celsius meledak dan diketahui banyak investor. Sebab, utang ini hampir mengalami likuidasi atau gagal bayar sebanyak tiga kali di antara Mei 2022 hingga Juni 2022. 

Pinjaman ini bersifat seperti leverage yang digunakan saat trading dimana jika utang digunakan untuk membuka posisi trading dan kerugian semakin tinggi maka trader harus menambah jaminan atau margin agar tidak terjadi gagal bayar atau margin call. 

Celsius juga mengalami hal yang sama untuk menghindari gagal bayar, dimana Celsius menambah terus jaminan yang digunakan untuk utang sebesar $41 Juta.

Hal tersebut menjelaskan mengapa utang $41 Juta kepada MakerDAO memiliki dana jaminan sebesar $440 Juta. 

Tapi jaminan yang besar ini tidak hanya karena gagal bayar yang hampir dialami tiga kali, melainkan karena kronologi utangnya yang cukup panjang. 

Kronologi Utang Celsius dengan MakerDAO

Awal mula utang Celsius kepada MakerDAO dimulai pada 7 Oktober 2021 dimana Celsius melakukan deposit jaminan sebesar 999 WBTC yang saat itu bernilai $53 Juta. 

Hingga 24 Januari 2022, Celsius memiliki deposit untuk jaminan sebesar 20.219 WBTC atau senilai $733 Juta pada saat itu. Perlu diketahui bahwa WBTC memiliki nilai yang sama dengan Bitcoin (BTC). 

Jumlah utang Celsius kepada MakerDAO tidak diketahui secara rinci karena terus berkurang dan bertambah akibat keleluasaan yang dimiliki dengan adanya jaminan yang didepositkan. 

Tapi, pada puncak tertingginya, utang Celsius sempat mencapai $427 Juta di Desember 2021, hanya kepada MakerDAO. 

Utang ini digunakan Celsius sebagai leverage untuk meningkatkan jumlah posisi yang dibuka saat mencari keuntungan di platform lain agar dapat memberi keuntungan pada pengguna platformnya yang mengunci dana. 

Baca juga: Apa Itu Leverage Di Trading Crypto? Panduan Untuk Pemula

Dari Februari 2022 hingga Mei 2022, Celsius mulai membayar utang tersebut dan mulai menarik jaminan yang didepositkan sebesar 1.000 WBTC hingga 2.500 WBTC per penarikan dana yang dilakukan. 

Tujuannya adalah untuk menjaga likuiditas platform Celsius, karena pada saat itu pasar crypto mulai bergerak turun dan Celsius perlu menjaga dana agar platformnya tetap dapat bergerak. 

Pada 12 Mei 2022, saat terjadi Kasus Terra (LUNA) yang berimbas juga pada Celsius, terdapat $65 Juta dalam WBTC yang kembali Celsius depositkan ke Oasis di MakerDAO untuk menghindari likuidasi pinjaman. 

Satu bulan kemudian, pada 13 Juni 2022 atau saat Celsius mengumumkan penghentian operasi dari platformnya, terdapat dana tambahan sebesar $192 Juta dalam WBTC yang didepositkan untuk menjaga likuidasi pinjaman. 

Kabar baiknya, sejak pertengahan Juni 2022, Celsius secara perlahan mulai membayar utangnya hingga pelunasan di MakerDAO hari ini. 

Tapi perlu diingat bahwa Celsius masih memiliki utang lainnya. Selain itu walau terlihat sebagai sentimen positif, saat ini Celsius memiliki dana jaminan dari utang MakerDAO sehingga terdapat potensi tekanan jual. 

Potensi Munculnya Tekanan Jual

Setelah melunasi utang dengan MakerDAO, saat ini Celsius memiliki dana sekitar $440 Juta dalam WBTC yang berasal dari jaminan utang yang lunas tersebut. 

Sayangnya kondisi ini mengkhawatirkan karena berarti saat ini Celsius memiliki $440 Juta dalam WBTC yang siap untuk dijual. 

Beberapa investor di Twitter dan Reddit menemukan bahwa dana tersebut telah dipindahkan ke bursa FTX. Selain itu, ditemukan bahwa dengan adanya $440 Juta tersebut, saat ini Celsius memiliki dana sebesar $531 Juta dalam WBTC di FTX.  

Kemungkinan besar WBTC tersebut akan dijual untuk kembali melunasi utang-utang yang belum dibayar oleh Celsius. 

Pembayaran utang yang belum lunas kemungkinan akan dilakukan dalam fiat mengingat kreditur-kreditur yang tersisa adalah perusahaan yang tidak sepenuhnya bergerak di sektor DeFi. 

Jika Celsius benar menjual kepemilikannya untuk membayar utang dalam fiat, maka WBTC akan bergerak turun. Apa bila WBTC turun, maka kemungkinan besar BTC juga akan turun, mengingat kedua crypto tersebut memiliki nilai yang sama. 

Oleh karena itu saat ini investor masih khawatir, terutama dengan adanya potensi sentimen negatif lain yang akan datang hari ini. 

Untuk saat ini semua masih bergantung pada Celsius yang belum terlihat melakukan penjualan terhadap dana yang dimiliki dalam WBTC saat ini. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.