Berita Altcoins · 5 min read

Crypto Lending Celsius Terancam Bangkrut!

celcius bangkrut

Perusahaan crypto lending Celsius diambang kehancuran, perusahaan pun diketahui telah merekrut lebih banyak penasihat untuk mempersiapkan pengajuan kebangkrutan.

The Wall Street Journal melaporkan pekan lalu bahwa perusahaan crypto lending ini telah meminta bantuan dari firma hukum Akin Gump Strauss Hauer & Feld LLP untuk restrukturisasi keuangannya.

Perusahaan juga telah menyewa perusahaan penasihat Alvarez & Marsal, kemudian Citigroup dan Akin Gump Strauss Hauer & Feld.

Ada Apa dengan Celsius?

Nasib Celsius yang semakin diujung tanduk ini merupakan kelanjutan dari kejadian 12 Juni 2022.

Kala itu, perusahaan tiba-tiba mengumumkan menangguhkan semua penarikan, pertukaran, dan transfer pada platformnya dalam krisis likuiditas yang nyata saat pasar crypto jatuh. 

Pada saat itu, persauahaan mengutip “kondisi pasar yang ekstrem” untuk penghentian penarikan tetapi tidak memberikan kejelasan dan waktu yang pasti kapan proses penarikan bisa dilakukan kembali.

Sejak saat itu para pengguna layanan crypto lendng ini dan pengamat crypto pun memiliki sentimen negatif pada Celsius. Peristiwa ini pun semakin membuat harga crypto secara umum ikut jatuh. 

Satu hari sebelum membekukan akun pelanggan, CEO Celsius Alex Mashinsky menepis rumor kebangkrutan perusahaan dan mengatakan itu hanya FUD belaka, tetapi setelah itu Mashinsky terdiam dan baru muncul kembali di Twitter tiga hari kemudian untuk akhirnya mengakui situasi perusahaannya yang sangat sulit dan meminta dukungan dari para pengguna layanan. 

Otoritas negara pun menaruh perhatian lebih terhadap situasi Celsius saat ini. Pada 16 Juni, direktur divisi penegakan Texas State Securities Board Joseph Rotunda mengatakan kepada Cointelegraph bahwa regulator di Alabama, Kentucky, New Jersey, Texas dan Washington sedang “melihat masalah yang melibatkan akun yang dibekukan” di Celsius.

Pada tanggal 20 Juni, investor Celsius dan salah satu pendiri BnkToTheFuture Simon Dixon mengusulkan rencana pemulihan yang bertujuan agar platform pinjaman crypto mengambil pendekatan yang sama seperti Bitfinex pada tahun 2016, menggunakan solusi “inovasi keuangan”. 

Baca juga: Rekrut Penasihat Citigroup, Celsius Tetap Ditinggal Investor

Goldman Sachs Ingin Akuisisi

Sementara itu menurut Fortune di tengah isu kebangkrutan Celsius, Bank Investasi Goldman Sachs mengumpulkan $ 2 miliar untuk membeli Celsius. Selain itu, Goldman Sachs telah memperluas jejaknya di pasar crypto.

Misalnya, Goldman Sachs sedang dalam pembicaraan dengan pertukaran crypto FTX untuk mengintegrasikan perdagangan derivatif leverage.

Saat ini, FTX berkomitmen untuk menyelamatkan beberapa perusahaan crypto, seperti BlockFi dan Voyager Digital, karena mereka menghadapi risiko likuidasi.

Celsius berencana untuk terus bekerja dengan regulator dan pejabat setelah menghentikan penarikan, pertukaran, dan transfer antar akun.

Sayangnya, rencana Celsius untuk menyelesaikan masalah likuiditas tampaknya gagal, karena kebangkrutan tetap menjadi satu-satunya pilihan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.