Hack dan Scam · 8 min read

Ajak Komunitas Cari Hacker, Harmony Tawarkan $1 Juta

Ajak Komunitas Cari Hacker, Harmony Tawarkan $1 Juta

Harmony (ONE) dikabarkan membuat publikasi lanjutan mengenai kasus peretasan atau hack yang terjadi pada jembatan antar blockchain atau cross chain bridge bernama Horizon. 

Dikabarkan bahwa Harmony akan memberikan $1 Juta kepada individu yang bisa menemukan peretas atau hacker Horizon dan mengembalikan dana sebesar $100 Juta. 

Harmony Tawarkan $1 Juta untuk Cari Hacker

Tim dibalik Harmony, sebuah blockchain berbasis mekanisme konsensus Proof of Stake, terlihat menawarkan imbalan kepada individu yang bisa menyelesaikan kasus peretasan. 

Tawaran tersebut adalah $1 Juta untuk individu yang bisa memberikan informasi terkait peretasan sebesar $100 Juta yang baru terjadi pekan lalu. 

Publikasi mengenai tawaran tersebut dilakukan melalui cuitan di Twitter resmi Harmony. Cuitan ini terlihat mendapatkan banyak tanggapan. 

Terdapat beberapa individu yang menyatakan bahwa imbalan ini terlalu kecil untuk dana yang hilang yaitu perbandingan antara 1 banding 100. 

Sehingga, menurut satu individu, ada kemungkinan individu yang menemukan tidak mengembalikan dana tapi menyimpannya untuk diri sendiri. 

Terdapat juga individu yang mendukung langkah ini dan bergantung pada kesetiaan komunitas untuk terus mendukung Harmony. 

Terkait kasus peretasan ini, Harmony menyatakan bahwa mereka tidak akan menuntut secara hukum kepada peretas atau hacker terkait kasus ini.

Kemungkinan besar tidak adanya tuntutan ini dilakukan untuk mengajak hacker mengembalikan dana secara damai dan membuka jalan adanya negosiasi. 

Ajak Komunitas Cari Hacker, Harmony Tawarkan $1 Juta
Horizon Bridge Mati

Hingga saat ini terlihat bahwa Horizon Bridge masih mati akibat habisnya dana yang beredar di bridge tersebut. 

Pengguna yang dananya masih mengendap di bridge tersebut masih tidak bisa mengambil kembali dananya. 

Untuk saat ini belum ada publikasi lanjutan apakah $100 Juta adalah seluruh dana di bridge atau ada dana yang masih berhasil diselamatkan oleh Harmony. 

Tapi sayangnya, untuk saat ini tidak ada yang bisa dilakukan Harmony selain membuat publikasi terkait kabar terbaru. 

Waspadalah Pengguna Bridge!

Peretasan ini terjadi pada Kamis 23 Juni 2022 yang merupakan salah satu bukti mengapa mayoritas cross chain bridge saat ini masih rentan. 

Pada peretasan tersebut, hacker berhasil mengambil sekitar $100 Juta dalam Wrapped Ethereum (WETH), AAVE, SUSHI, DAI, Tether (USDT), dan USD Coin (USDC). 

Hacker kemudian menukar semua crypto tersebut kedalam Ethereum untuk menghapus jejak dan mempersulit pelacakan.

Kabar baiknya, Harmony saat ini sudah menemukan wallet utama dari hacker tersebut dan sedan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk mencari dan mengembalikan dana. 

Setelah kabar peretasan ini, ONE terlihat bergerak turun sekitar 15% hingga  Senin 27 Juni 2022 pukul 09.36 WIB. 

Sistem yang digunakan oleh Horizon, yaitu multi signature, yang hanya membutuhkan sebagian dari seluruh validator bridge untuk transaksi terjadi, adalah suatu sifat rentan yang ada di mayoritas bridge saat ini. 

Untuk Horizon, mekanismenya adalah transaksi dapat terjadi jika dua dari empat validator melakukan konfirmasi transaksi. 

Sayangnya, hacker berhasil mengambil kendali dari dua validator tersebut yang kemungkinan melalui phising, sebelum mengambil $100 Juta. 

Cara peretasan ini juga sama seperti yang terjadi pada kasus bridge Qubit Finance, Ronin milik Axie Infinity, dan Wormhole milik Solana yang berhasil mengambil, $80 Juta, $320 Juta, dan $622 Juta.  

Oleh karena itu, untuk saat ini investor diharapkan untuk berhati-hati saat menggunakan bridge terutama dengan mekanisme yang sama, karena hacker terlihat sedang menargetkan bridge dengan mekanisme ini. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.