Berita Blockchain · 6 min read

Uji Coba Sukses! Cardano Siap Hard Fork

Uji Coba Sukses! Cardano Siap Hard Fork

Input Output Hong Kong atau IOHK, perusahaan yang bertanggung jawab atas Blockchain Cardano, dikabarkan baru saja melakukan uji coba terbaru. 

Dalam uji coba yang dianggap sukses ini, IOHK meluncurkan sebuah mekanisme baru dalam validasi transaksi blockchain atau node yang digunakan, dalam rangka mengakomodir hard fork lebih baik. 

Node Versi Baru Cardano Diluncurkan

IOHK baru saja membuat publikasi melalui Twitter bahwa uji coba terakhir untuk Hard Fork berjalan sukses. 

Selain itu publikasi ini ditambah dengan adanya kabar bahwa Cardano (ADA) akan memiliki node versi terbaru yaitu Cardano Node versi 1.35.0. 

Dikabarkan bahwa peluncuran node versi ini berjalan dengan lancar dan akan membawa Cardano lebih dekat dengan Hard Fork atau pembaruan yang akan dilaksanakan, yaitu Vasil Hard Fork. 

Langkah ini membawa kepastian terhadap Hard Fork yang akan dilaksanakan kemungkinan besar pada akhir Juli 2022. 

Saat ini langkah berikutnya yang akan dilakukan adalah persiapan peluncuran testnet atau jaringan uji coba baru untuk Vasil Hard Fork. 

Proposal peluncuran testnet tersebut saat ini masih dalam tahap persetujuan oleh mayoritas validator dimana proposal tersebut butuh persetujuan dari 75% validator.  

“Kami telah selesai dalam semua kebutuhan perangkat lunak inti Cardano (untuk Hard Fork). Uji coba di Plutus V2 (mekanisme pengembangan jaringan Cardano) telah sukses dan memberi dampak positif dalam hal kinerja jaringan dan biaya transaksi.” Ujar perwakilan tim IOHK.  

Walau masih menunggu persetujuan dari 75% validator, saat ini persiapan peluncuran untuk testnet baru sudah dilaksanakan. 

Kemungkinan besar dengan peluncuran node versi baru ini, validator, terutama operator Staking Pool atau tempat penguncian ADA untuk validator, akan lebih cepat setuju untuk peluncuran testnet. 

Tim IOHK menekankan bahwa peluncuran testnet dan Hard Fork nantinya adalah proses yang rumit. 

Sehingga ini menjadi alasan mengapa tim butuh waktu lebih lama dan mengundur jadwal peluncuran Hard Fork dari yang seharusnya di akhir Juni 2022. 

Jadi untuk saat ini peluncuran Hard Fork masih sesuai pernyataan terakhir, yaitu kemungkinan besar pada Juli 2022. 

Vasil Hard Fork Bawa Adopsi Lebih Luas

Untuk saat ini kabar terbesar yang ditunggu oleh komunitas Cardano adalah Vasil Hard Fork ini. Sebab, Hard Fork ini akan memberikan pembaruan signifikan terhadap kualitas Blockchain Cardano secara menyeluruh. 

Charles Hoskinson, CEO dari IOHK dan pendiri Cardano, membuat sesi pemberian informasi untuk memberi kabar terkait Vasil Hard Fork.

Dalam pernyataan tersebut ia memastikan bahwa walau ditunda, Hard Fork ini tetap akan berjalan sesuai rencana baru.

Ia menyatakan dengan adanya pembaruan ini, Cardano dapat maju lebih unggul lagi dibandingkan blockchain-blockchain baru yang ada saat ini. 

Selain itu, ia juga yakin bahwa dengan adanya pembaruan ini, Cardano akan memiliki ekosistem yang luas, karena membangun aplikasi di Cardano menjadi lebih mudah dan lebih murah. 

Jika ekosistem Cardano terus berkembang, maka kemungkinan besar harga ADA dapat kembali bergerak naik, walau akan tetap secara perlahan. 

Hal ini disebabkan kondisi bear market yang sedang terjadi, dimana sentimen positif tidak akan selalu berpengaruh signifikan terhadap harga sebuah crypto. 

Selain itu, dengan sifat ADA yang dikenal bergerak lambat, maka pergerakan ADA bersama dengan Vasil Hard Fork ini kemungkinan tidak akan berubah banyak. 

Namun, dengan tidak adanya sentimen negatif lanjutan di pasar yang relatif besar saat ini, kemungkinan kabar ini dapat menjadi kesempatan para trader untuk melakukan strategi buy the rumor sell the news. 

Jadi ini juga menjadi peringatan adanya kemungkinan harga ADA akan turun saat Vasil Hard Fork berhasil diluncurkan. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.